30 Maret 2024

Momen Ramadhan yang Tak Terlupakan

Bagi saya, momen Ramadhan selalu berkesan, selalu punya ceritanya sendiri, selalu bisa jadi kenangan setelah terlewat.  Tidak ada Ramadhan yang biasa-biasa saja. Mungkin karena banyak momen penting dan berharga juga yang terjadi saat Ramadhan. Baik momen bahagia ataupun momen yang sedikit membuat hati sedih. 

Momen Ramadhan

Ramadhan tahun 1991. Saya masih duduk di bangku sekolah TK tetapi urusan berpuasa di bulan Ramadhan, saya sudah mulai menjalankannya. Baru belajar sih dan memang orangtua saya gak memaksa saya harus puasa sehari penuh dan sebulan lamanya. Tapi yang saya ingat, saya penah berpuasa sehari penuh kala itu. Rasanya kalau gak puasa sehari, sayang aja gitu. Mungkin ini yang dinamakan kekuatan iming-iming THR dari Abah, hehe.

Suatu hari di hari sekolah, saya sedang main perosotan saat jam istirahat. Sebelumnya, saya memang sempat jajan di kantin (saya agak lupa, jajan coklat atau semacam biskuit gitu deh) lalu saya kantongi. Niatnya untuk berbuka puasa nanti sore. Rupanya, salah seorang teman saya melihatnya dan langsung meneriaki saya tidak puasa.

Tentu saja saya gak terima. Saya merasa masih berpuasa dan jajanan ini untuk berbuka nanti sore. Jadi, saya membela diri, tapi tak urung juga saya nangis, haha. Entah ya, satu momen ini masih terngiang sampai sekarang. Bahkan nama teman yang meneriaki saya tidak berpuasa itu juga masih saya ingat jelas lengkap dengan ekspresinya saat itu.

Kalau ingat itu, lucu dan pengen ketawa aja. Btw, teman saya itu masih satu sekolah dengan saya sampai SMA. Tapi saya gak tahu apakah dia masih mengingat kejadian ini.

Ramadhan 2010. Saat itu saya masih bekerja di provinsi tetangga. Pertama kalinya tinggal jauh dari orangtua. Pertama kali pula bertemu Ramadhan sebagai anak kosan. Bagi saya, agak berat sih. Biasa bareng keluarga, tiba-tiba harus bersama teman kosan yang baru kenal beberapa bulan. Biasa sahur dan berbuka dimasakin ibu, tiba-tiba harus masak sendiri atau cari di luar.

Tapi kalau gak begitu, mungkin saya akan selalu berada di zona nyaman sebagai anak ibu, hehe. Lagipula, banyak sekali pelajaran yang bisa saya dapat ketika itu.

Baca juga : Pelajaran Lagi

Menjalani hari-hari sebagai anak kosan yang baru belajar mandiri dengan penghasilan yang saat itu belum terlalu memadai, saya harus pintar-pintar membagi kebutuhan. Adakalanya memang terasa sempit, tapi seringkali terasa lapang kalau pandai bersyukur. Pun saat Ramadhan tiba.

Kalau di rumah, berbuka puasa biasanya diawali dengan makan takjil terlebih dahulu. Ya minum teh hangat atau es apapun yang manis bersama makanan ringan. Makanan beratnya nanti setelah solah Maghrib. Agak berbeda dengan saat di kosan. Takjil kadang ada, kadang lewat aja. Apalagi kalau sudah akhir bulan dan dana menipis, ya sudahlah langsung beli makanan berat aja, hehe. 

Tapi yang namanya rezeki itu pasti akan datang kalau Allah sudah menetapkan. Ada saja yang berbagi saat saya sedang berfikir mau cari takjil atau bukaan apa. Entah diundang buka puasa di rumah teman atau dikirimi takjil sama yang empunya kos. Alhamdulillah.

Ramadhan 2020. Pertama kalinya Ramadhan dalam suasana duka di seluruh dunia. Ramadhan di tengah pandemi Covid-19. Untuk pertama kalinya dalam hidup saya, Ramadhan tidak seramai biasanya. Tidak ada acara punggahan, tidak ada tarawih di masjid, tidak ada suara tadarus anak-anak, tidak ada keramaian. Semuanya berdiam diri di rumah.


Alhamdulillah, tiga empat tahun berlalu dan Ramadhan kini hidup kembali. Ramadhan memancarkan cahayanya lagi.Tarawih ramai lagi di masjid-masjid, tadarus berkumandang lagi, dan pemburu takjil gak takut lagi keramaian.

Ramadhan memang punya aura sendiri. Kalau kamu, punya momen apa di Ramadhan?

Tidak ada komentar: