27 Maret 2024

Ngabuburit Ramadhan

Assalamualaikum, semua!

Tulisan ini berisi tentang cerita-cerita saya mengisi waktu ngabuburit Ramadhan. Dari yang saya ingat ya, ngabuburit ala saya tidak jarang hanya berputar di rumah saja.

Ngabuburit Ramadhan
Ngabuburit Ramadhan

Waktu saya masih jadi mahasiswa, saya tergolong orang yang introvert, gak gaul, gak sering kumpul bareng teman sekelas. Tapi dibilang penyendiri banget juga gak, masih suka sama organisasi, gabung ke komunitas yang sehobi dan semisi. 

Jadi sebagian waktu saya habis kuliah dan organisasi aja. Pulang ke rumah biasanya sore atau malah lewat maghrib baru sampai. Nah, saat Ramadhan tiba, saya biasakan untuk pulang lebih awal.

Selain karena gak mau merepotkan orang rumah (karena pasti minta jemput di depan gang kalau sudah kesorean), juga karena seringnya sudah susah cari angkutan kalau terlalu malam. Fyi, dari mulai sekolah sampai kuliah, saya pakai angkutan umum.

Otomatis, ngabuburit versi saya kuliah ya hanya di rumah saja. Seringnya sambil beberes karena saya gak pernah pegang area dapur, hehe. Atau saya lanjut kerjakan tugas kuliah biar malamnya bisa leluasa ibadah dan istirahat.

Kebiasaan ini berubah ketika saya sudah mulai kerja, di provinsi tetangga pula. Menjalani kehidupan anak rantau yang ngekos, acara ngabuburit diisi dengan hunting takjil dan makan malam.


Saya ingat banget, rela pergi ke warung agak jauh demi menikmati nasi padang enak. Atau jalan-jalan sore keliling mall bareng teman kosan karena jarak kosan ke mall cuma berbatas jalan aja.

Pulang kampung dan bekerja di tempat yang dekat dengan rumah orangtua pun gak banyak merubah acara ngabuburit versi saya. Pulang kerja langsung beberes rumah dan sesekali buat takjil. Begitu terus sampai bertahun-tahun, haha. Jarang banget ngabuburit santai sambil jalan-jalan.

Setelah menikah, sore hari di bulan Ramadhan lebih sibuk lagi. Sedari gadis jarang banget dan hampir gak pernah pegang dapur, sekalinya menikah harus bisa ke dapur. Jadi, ngabuburit diisi dengan masak dan menyiapkan bukaan puasa. Apalagi saya pun masih bekerja dan pulang sore saat itu.

Rutinitas ini terus berlanjut hingga sekira tujuh tahun setelahnya. Tapi karena di rumah sendiri, kadang dibawa santai aja. Beli takjil dan sayur matang adalah jalan ninja agar bisa punya waktu lebih luang. Toh yang berbuka puasa hanya 2 orang.

Sampai akhirnya tahun ini Ramadhan menghampiri saat kami telah dikaruniai seorang anak. Lebih sibuk lagi lah pastinya. Ngabuburit sambil jalan santai? Dahlah belum bisa saya. Mandi sore pun harus menunggu suami pulang karena sekarang si bayi ini sedang aktif-aktifnya dan gak bisa ditinggal sendirian.

Yah, pada akhirnya memang kita harus siap berubah sih. Dari anak rumah, menikah, tinggal sendiri, punya amanah, dan seterusnya. Disyukuri aja deh. 

Ini cerita ngabuburit versi saya. Kalau kamu, gimana?

Tidak ada komentar: