21 Maret 2024

Jajanan Khas Ramadhan

Ramadhan memang bulan penuh berkah. Gak hanya untuk umat Islam saja, tetapi juga untuk umat lainnya. Buktinya, ada fenomena yang kini sedang viral. Berburu takjil yang juga dilakukan oleh sebagian nonis. Bahkan, di beberapa postingan media sosial, mereka sudah mulai menyerbu pedagang takjil dari pukul 15.00. Sementara, yang berpuasa malah lebih seringnya baru cari takjil minimal pukul 17.00. Apa masih kebagian ya? Hehe.

Jajanan Khas Ramadhan
Jajanan Khas Ramadhan

Melihat pasar takjil yang hanya ada di bulan Ramadhan memang menyenangkan. Beraneka macam makanan ada disana. Mulai dari makanan ringan sampai yang berat. Padahal sebagiannya tetap dijual di hari-hari biasa, tapi memang ada jajanan khas Ramadhan yang biasanya hanya akan dijumpai saat Ramadhan tiba.

Berikut beberapa jajanan khas Ramadhan yang rasanya satu tingkat lebih enak saat disantap ketika berbuka puasa.

Aneka Kolak

Kolak memang identik dengan sajian berbuka puasa. Rasanya yang manis dengan bahan isian yang lembut memang cocok dimakan setelah seharian perut kosong. 

Kolak juga termasuk hidangan yang mudah dibuat. Isinya pun tinggal disesuaikan dengan selera atau bahan-bahan yang ada di rumah. 

Kolak original biasanya hanya diisi dengan buah pisang atau ubi-ubian. Tapi seiring berjalannya waktu, semakin banyak ragam kolak yang dijajakan di pasaran. Misalnya kolak durian, kolang kaling, labu kuning, ubi madu, dan kolak bola sagu.

Aneka Minuman Es

Kalau minuman yang satu ini sepertinya susah ditolak ya. Pasalnya, rasa manis dan dinginnya es mampu menyegarkan tenggorokan yang seharian kering.

Tidak hanya di pasar takjil saja, aneka minuman es ini hampir bisa dijumpai di pinggir-pinggir jalan kala waktu berbuka hampir tiba. 

Bagi penikmat rasa es yang ringan segar, bisa mencoba es kuwut khas Bali. Saya juga paling suka ini sih. Es dengan serutan buah melon, taburan biji selasih, dan irisan lemon segar. Bayanginlah di siang hari, auto ngences hihi.

Kalau suka yang agak creamy, bisa coba es oyen dari Bandung. Berbagai campuran mulai dari buah hingga jelly, berpadu serasi dengan sirup, susu, dan es. Tidak ketinggalan es cincau hijau yang selalu jadi primadona. Selain segar, cincau hijau juga dipercaya dapat mengatasi panas dalam.

Aneka Kue Basah, Gorengan, dan Jajanan Khas Nusantara

Jujur sih, saya gak bisa menolak kalau berbuka dengan aneka gorengan walaupun sebenarnya tidak dianjurkan mengkonsumsinya setiap hari. Memang pesona gorengan ini selalu menggoda ya, apalagi variasinya makin hari makin banyak. Mulai dari bakwan sayur, tahu bunting, aneka resol, dan pastel.

Tapi, aneka kue basah juga tak kalah menarik. Kue serabi dengan kuah kinca misalnya. Lembut, manis, legit. Pas banget untuk berbuka puasa setelah 12 jam lebih perut tidak terisi apapun. Satu lagi adalah jajanan khas nusantara yang sudah bertebaran tidak hanya di kota aslinya saja. Sebutlah pempek, rujak tahu, atau lemang. Duh, sambil nulis ini kok jadi sambil mikir nanti sore mau jajan apa, haha.

Nah, kalau kalian mau pilih jajanan apa nih untuk berbuka nanti?

Tidak ada komentar: