02 Juni 2019

BPN Day 28 : Momen Terbaik Ramadhan

Halo!
Apa kabar di penghujung Ramadhan ini? Rasanya kok sedih ya akan ditinggalkan oleh bulan yang penuh berkah ini. Rasanya tinggal menunggu waktu untuk melambaikan tangan dan kembali merindukan malam-malam Ramadahn, kembali merindukan saat-saat harus bangun sahur walau mengantuk, dan kembali merindukan bahagianya waktu berbuka puasa. 

Banyak hal yang terekam di bulan Ramadhan ini. Hal-hal yang saya rasa menjadi hal yang lebih baik dari tahun lalu. Diantara banyak moment baik itu, satu moment terbaik dari Ramadhan kali ini adalah, saya berusaha untuk selalu menjaga pola makan sehat.

Kalau tahun-tahun sebelumnya, saya tak terlalu fokus dalam menyajikan makanan yang sehat, tahun ini saya merasa jadi lebih baik. Bagaimana saya memulainya?

Mulai dengan niat
Apapun hal yang dilakukan pasti tergantung niatnya kan? Begitu juga dengan apa yang akan saya mulai di bulan Ramadhan ini. Saya berniat memperbaiki kondisi tubuh saya. Di beberapa tulisan yang pernah saya baca, tubuh kita ini punya instingnya sendiri. Kalau kondisi tubuh kita sakit, pasti ada yang salah dengan apa yang kita makan. Karena tubuh kita pun punya hak untuk diberi makanan sehat. Jadi, ya saya niat aja dulu untuk hidup lebih sehat.

Sahur dengan banyak serat
Saya mulai dengan menu sahur. Ya karena dari sahur inilah hari-hari kita dimulai. Untuk bisa bertahan puasa seharian, maka tubuh ini butuh asupan yang terbaik. Nah saya memilih memperbanyak porsi serat untuk menu sahur saya dan suami. Saya banyakin aja buah dan sayurnya, serta mengurangi porsi nasi putihnya. Alhamdulillah enakan puasanya. Gak kerasa laper amat, hehe.

Berbuka dengan buah
Untuk memulai makan sehat itu memang banyak tantangannya. Iyalah, biasa buka puasa sama gorengan dan es sirup yang manis-manis, eh diganti dengan air putih hangat dan buah-buahan. Haha, lumayan butuh usaha ekstra. Nyengir-nyengir dulu di awal-awalnya. Tapi toh bisa juga kok. Malah jadi terbiasa sekarang.


Tantangannya juga gak hanya dari diri sendiri, bahkan dari orang lain ada. Pernah nih saya iseng posting menu buka puasa saya yang isinya buah dan sayur, eh besoknya malah diketawain sama temen sendiri. Katanya, buka puasa cuma makan buah dan sayur, gak nendang lah. Duh! Abaikan saja itu komentar ya.

Terbiasa dengan infused water
Nah sebenarnya kalau buat infused water begini sudah lumayan lama. Tapi rupanya saya baru menemukan kalau ternyata isinya gak harus dari buah-buahan. Bisa juga dari rempah-rempah yang ada di dapur. Faktanya, rempah-rempahan ini punya banyak khasiat.

Jadi, saya mulai terbiasa untuk buat infused water. Rendamnya dari pagi, jadi pas buka puasa bisa langsung diminum. Salah satu infused water yang sering saya buat adalah kayu manis dan jahe. Pas sudah jadi rendaman dan akan diminum, saya tambahkan madu. Rasanya asli seger banget!

Dan.. selama Ramadhan ini, rasanya badan jadi enakan dan perut gak begah. Beda banget sama Ramadhan tahun-tahun kemarin yang selepas buka puasa, pasti rasanya penuh banget haha.

Yah, itulah moment terbaik saya di Ramadhan tahun ini. Semoga saya bisa terus lanjut di bulan seterusnya. Sayang kan sudah sebulan ngubah pola makan sehat, eh selepas lebaran kok acakadut lagi, hehe.

Nah, kalau moment terbaik kamu apa nih?

Baca juga : Cerita Mudik Saya




Tidak ada komentar: