04 Juni 2019

BPN Day 30 : Sibuknya Menyambut Lebaran Ini

Allahu akbar! Allahu akbar! Allahu akbar!

Dimana gema takbir tidak dikumandangkan selepas Maghrib tadi? Alhamdulillah Ramadhan sudah selesai dilalui dengan lancar. Walau hati masih berat melepas Ramadhan, tapi rasa kemenangan ini sudah bisa menghibur hati.

Hm, bicara hari kemenangan, apa saja nih persiapan untuk menyambut lebaran ini? 

Kalau saya, sebagai perempuan banyak sekali hal yang harus dipersiapkan untuk menyambut hari raya ini. Tentunya persiapan logistik di rumah ya. Apalagi kalau sudah punya keluarga. Bagi-bagi deh waktunya.

Nah, saya sendiri dari dua hari yang lalu sudah mulai mencicil apa-apa yang harus dilakukan untuk menyambut lebaran. Buat kue? Gak, hehe. Saya termasuk orang yang gak punya banyak waktu di rumah untuk buat kue kering khas lebaran. Jadi pesen aja deh biar lebih efisien. Ada sih yang saya buat, kacang bawang, haha.

Dan hari ini, waaahhh beneran sibuk!

Dari dua hari lalu saya sudah diminta ibu untuk menginap di rumah. Bantu-bantu beberes sekalian kumpul karena adik-adik saya sudah kumpul juga di rumah. Dan kami ini termasuk keluarga yang suka gonta ganti lay out rumah. Bukan beli perabot baru sih, tapi tuker-tuker perabot dan pindah sana sini.

Jadilah dari kemarin, sudah cuci-cuci gorden, beberes rumah plus pindah-pindah kursi biar tatanan rumahnya gak bosan dan terlihat baru. Sebenarnya gak lama sih pindah-pindah begini, tapi karena ngerjainnya sambil ketawa dan main-main, ya akhirnya jadi lama. Pumpung kumpul kan, bisa ketawa bareng.

Selepas beberes rumah, masih lanjut buat ketupat dan masak-masak hidangan khas lebaran. Rendang, sayur santan, sambal kentang. Repot sih tapi seru aja. Kalau gak repot begini, rasa gak lebaran deh.

Tahun ini giliran saya berlebaran di rumah mertua di hari pertama. Jadi dari sore selepas nginem di rumah ibu, saya dan suami langsung mudik ke rumah mertua. Untung gak jauh-jauh amat. Masih bisa ditempuh pakai motor gak lebih dari 1 jam perjalanan. 

Karena keasikan di rumah ibu, saya jadi kesorean jalan ke rumah mertua. Eh, ada insiden pula! Kue basah yang sudah saya pesan untuk saya bawa ke rumah mertua, gak bisa dikirim sore tadi! Apa pasal? Gak ada babang gojek yang mau anterin, duuuuhhh! Mungkin kejauhan dan sudah sore juga. Jadi beberapa kali dicancel dan saya jadi ketar-ketir.

Masa ke rumah mertua dengan tangan kosong? Alhasil, saya dan suami cari toko kue lagi yang masih buka. Posisi tadi sudah maghrib pula, huhu. Alhamdulillah masih ada 1 toko yang kuenya enak masih buka. Walaupun sudah gak banyak pilihan, tapi jadilah saya masih bisa beli dua jenis kue basah. Alhamdulillah..

Lebaran memang seru ya. Sebenarnya banyak cerita lain, tapi saya lagi di rumah mertua nih. Lagi kumpul, gak enak ya kalau gak ikut nimbrung? Lanjut besok deh ya! See you.

Tidak ada komentar: