Halaman

13 Mei 2019

BPN Day 8 : Bye Bye Jerawat

Jerawat adalah salah satu masalah kulit wajah yang umum dialami oleh sebagian orang. Biasanya tumbuhnya jerawat ini dimulai dari masa pubertas karena perubahan hormon reproduksi pada usia remaja itu. Walaupun ada beberapa orang yang biasa-biasa saja kalau tumbuh jerawat, tapi tetap saja sebagian orang tidak nyaman dengan adanya jerawat di wajah ini. Apalagi kalau menjelang hari-hari tertentu seperti wisuda, lamaran, pernikahan, atau lebaran, wah banyak yang cepat-cepat ingin menghapus jerawat itu ya.


Nah, kali ini saya akan bagikan beberapa tips untuk menghilangkan jerawat dengan waktu yang relatif singkat dan dengan bahan-bahan yang alami. Apa saja itu?

1. Bersihkan wajah secara teratur
Salah satu penyebab timbulnya jerawat adalah kurangnya kebersihan wajah. Sisa make up, debu dan kotoran yang menempel di wajah, jika tidak dibersihkan maka akan menyumbat pori-pori wajah yang menyebabkan timbulnya jerawat. Maka, bersihkan wajah secara teratur setelah bepergian atau setelah mengaplikasikan make up. Bersihkan wajah dengan milk cleanser dan toner yang cocok di wajah sebelum tidur.

2. Konsumsi sayur dan buah
Mengkonsumsi makanan cepat saji dan berkadar lemak tinggi dapat memicu peradangan lebih lanjut pada jerawat. Maka, sebaiknya hindari makanan-makanan tersebut dan gantilah dengan mengkonsumi banyak sayur dan buah. Kandungan vitamin dalam sayur dan buah dapat menutrisi kulit dari dalam.

3. Kompres jerawat dengan es batu
Kalau sedang ingin buru-buru menghilangkan peradangan akibat jerawat, mengkompres jerawat dengan es batu bisa menjadi salah satu pilihan. Cukup bungkus es batu dengan sehelai sapu tangan dan tempelkan pada jerawat. Hal ini memang tidak langsung menghilangkan jerawat tapi setidaknya efek peradangan bisa dikurangi.

4. Masker lidah buaya
Kalau ingin lebih intens lagi mengurangi jerawat, Anda bisa menggunakan beberapa tanaman yang ada di sekitar rumah. Salah satunya adalah Lidah buaya. Tanaman yang satu ini memang punya banyak manfaat. Selain bisa dikonsumsi, lidah buaya juga bisa digunakan sebagai masker untuk wajah berjerawat. Tinggal ambil daging lidah buaya, haluskan, lalu tempelkan di wajah sebagai masker dan diamkan beberapa saat. Selain itu, lidah buaya juga bisa dicampurkan dengan toner yang bisa disemprotkan ke wajah kapanpun Anda ingin.


5.Masker Lemon
Buah yang mengandung banyak vitamin C ini dipercaya ampuh untuk menghilangkan jerawat sekaligus bekasnya. Cukup dengan mengoleskan langsung air perasan jeruk lemon ke permukaan wajah dan tunggu sekitar 15 menit. Kemudian bilas dengan air bersih.

Anda juga bisa mencampurkan air perasan lemon dengan madu dan gunakan seperti masker biasa. Tunggu hingga sekitar 15 menit baru dibilas dengan air hangat.

Itulah beberapa tips untuk mencegah dan menghilangkan jerawat. Pada intinya adalah bagaimana kita merawat tubuh kita termasuk kulit wajah. Jangan lupa bersyukur dan bahagia ya! Semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar: