24 November 2017

Bersiap Ambil Cuti, #Jadi Bisa Liburan!

Saya selalu menunggu waktu liburan datang. Sebab, saya perempuan yang bekerja di kantor sebuah perusahaan dimana jam kerjanya full time dari Senin-Sabtu. Rutinitas yang tentunya banyak menguras tenaga dan pikiran saya. Jatah cuti 12 hari sebisa mungkin saya ambil ketika benar-benar saya punya rencana untuk menyegarkan pikiran.

Teman satu pekerjaan jadi tidak heran lagi kalau saya ambil cuti untuk jalan-jalan. Sebab, sekembalinya saya ke kantor, ada oleh-oleh cerita dan foto yang saya posting di blog, hehe. Saya memang suka jalan-jalan. Selain menghilangkan kejenuhan pikiran, saya juga #jadi bisa lebih mengenal daerah lain yang saya kunjungi. Kebanyakan, perjalanan saya ala backpacker dengan tujuan tempat wisata alam atau bersejarah.

Salah satu perjalanan saya ke Candi Prambanan
Karena bagi saya, mengunjungi tempat-tempat bersejarah punya makna tersendiri. Semacam, saya #jadi bisa berimajinasi bagaimana awal mulanya tempat-tempat itu dibangun dan digunakan dalam kesehariannya kala itu. Saya juga #jadi bisa lebih mencintai budaya dan tanah air.

Salah satu tempat yang saya sukai adalah Bogor. Selain untuk menyegarkan pikiran, saya juga #jadi bisa mengunjungi adik saya yang kuliah disana. Makanya setiap ingin kesana, saya merencanakannya untuk ambil cuti kerja dan biasanya pada waktu liburan karena mengikuti jadwal kerja suami juga.

Mengunjungi Kebun Raya Bogor bersama adik

Nah, biasanya kalau musim liburan banyak hotel atau penginapan yang sudah penuh pesanan. Jadi, rasanya kemungkinan kecil untuk dapat penginapan yang nyaman dan sesuai dengan keinginan saya kalau langsung on the spot pada hari ketibaan saya disana.

Untungnya ada Traveloka, situs pemesanan online semua produk wisata, salah satunya adalah hotel atau penginapan. Di Traveloka, saya bisa memilih penginapan sesuai keinginan atau budget saya. Sebab, tidak hanya hotel berbintang saja yang ada di situs ini, tapi sampai home stay pun ada. Jadi, untuk saya yang kebanyakan liburan ala backpacker, tidak khawatir untuk memilih penginapan dengan budget yang sudah saya rencanakan. Jujur ini sangat membantu saya dalam hal memilih penginapan.

Kenapa saya memilih Traveloka?










Enaknya di Traveloka itu, harga yang tercantum di situsnya adalah harga final. Jadi, tidak perlu khawatir akan menambah biaya administrasi, biaya fee, atau yang sering adalah biaya pajak dan pelayanan. Pastinya sayaa merasaa tidak nyaman kalau  sudah menentukan pilihan dan siap bayar, ternyata masih ada embel-embel lain yang belum termasuk dalam harga.

Selain harga yang tertera di situsnya adalah harga final, harga disana juga merupakan harga terbaik yang diberikan untuk saya. Artinya, kalau saya membandingkan harga lewat Traveloka dengan harga ketika saya langsung memesan di hotel, maka harga lewat Traveloka lah yang lebih murah. Dengan begitu, saya #jadi bisa lebih menghemat budget untuk hotel.

Oh iya, di setiap pilihan penginapan pun tertera dengan jelas foto berikut review dari para tamu yang sudah pernah mengunjungi penginapan tersebut. Dengan itu, saya jadi lebih mudah lagi untuk mempertimbangkan penginapan mana yang akan saya pilih. Memang review ini sifatnya subjektif ya, tapi setidaknya saya bisa mempertimbangkan dengan rata-rata pendapat mereka.

Untuk pembayaran, Traveloka juga memudahkan saya untuk menentukan pilihan pembayaran sesuai yang saya inginkan. Bisa lewat ATM, transfer bank, atau yang lebih praktis lagi datang ke minimarket terdekat (indomaret atau alfamaret), proses pembayaran akan langsung beres.

Pengalaman saya memesan hotel di Traveloka selama ini cukup memuaskan. Dari awal pemesanan, proses pembayaran, sampai proses check in di hotel tidak ada masalah. Apa yang tertera di situs Traveloka memang sesuai dengan apa yang ada. Apalagi sekarang ada fitur Stay Guarantee, yang menjamin para pemesan akan check in di hotel tanpa kendala.

Fitur ini bisa digunakan untuk pemesan melalui semua aplikasi Traveloka, baik dari desktop, Traveloka App ataupun mobile web selama dengan pengaturan negara "Indonesia". Keuntungannya adalah, kalaupun ada kendala ketika check in di hotel, maka kita bisa mengklaim Stay Gurantee dengan mudah.

Pengajuannya juga tidak susah dan tidak memakan waktu lama, hanya sekitar 30-60 menit sejak pengajuan klaim. Jadi saya semakin yakin dengan pelayanan yang diberikan Traveloka.

Satu lagi, Traveloka juga sering memberikan penawaran istimewa untuk saya yang sudah menjadi member Traveloka. Seringnya sih saya pesan lewat Traveloka App. Diskonnya lebih besar daripada memesan lewat desktop.


Bagaimana cara pesan hotel lewat Traveloka?

Mudah. Kalaupun belum menjadi member Traveloka, bisa juga langsung pesan lewat desktop, Traveloka App, atau mobile web.

Pertama,masuk ke situs Traveloka. Lalu pilih Hotels. Kalau sedang mencari hotel di daerah tertentu,ketik saja nama kotanya dan Traveloka akan menyajikan banyak pilihan hotel dan penginapan. Kalau mau disaring lagi bisa juga. Mau berdasarkan jenis penginapannya, atau popularitasnya, atau bisa juga berdasarkan harganya.

Nah kalau sudah tahu nama hotel yang kita tuju, bisa langsung ketik nama hotel atau penginapannya. Disini saya mengambil contoh Hotel Bandara Syariah yang ada di Lampung. Isi tanggal check in dan check out, serta jumlah kamar yang ingin dipesan.



Kemudian akan tampil foto-foto hotel yang dipilih. Juga bisa kita lihat fasilitas apa saja yang tersedia di hotel tersebut. Informasi ini membantu saya untuk bisa nyaman ketika sudah sampai di hotel, seperti ada atau tidaknya room service, laundry, atau coffee shopnya.


Kedua, kalau kamar tersedia, akan muncul jenis beserta harga kamarnya. Kita bisa melihat lebih detail informasi kamarnya dengan mengklik nama kamarnya. Kalau sudah menentukan pilihan, tinggal klik Book Now.


Ketiga, masuk di menu pemesanan, kita akan disuguhi formulir yang isinya adalah data-data pemesan dan tamu. 


Berikutnya Traveloka akan memverifikasi data tersebut agar tidak ada yang salah.


Apabila sudah benar semua datanya, maka masuk ke menu pembayaran. Disini kita akan disuguhi banyak piihan metode pembayaran seperti yang sudah saya jelaskan di awal tulisan.


Selesai pembayaran, pihak Traveloka akan mengirim voucher hotel sebagai tanda bahwa transaksi kita berhasil dan siap menuju hotel tanpa kendala.



Bagaimana? Apa masih mau rebutan kamar hotel ketika akan berlibur? Kalau saya, lebih baik pesan dulu lewat Traveloka. Harga lebih murah, tanpa ribet, bergaransi pula! #jadi bisa liburan dengan hati senang. Selamat menunggu liburan yang sebentar lagi datang ya!

Tidak ada komentar: