Halaman

08 Mei 2019

BPN Day 3 : Tidak Hanya Untuk Olesan Roti, Skippy Juga Bisa Untuk Masak!

Yeaaayyy sudah hari ke 3 puasa kita! Tetap semangat puasa, tetap semangat menyediakan menu sahur dan buka, juga tetap semangat ngepost untuk tantangan dari BPN, haha.

Sedikit crita dulu ya. Saya tuh paling anti ribet kalau untuk urusan buka puasa. Makanya dari semenjak menikah saya sudah bilang ke suami kalau saya ini tergolong perempuan yang gak terlalu suka di dapur. Tapi, namanya sudah jadi istri kan gak mungkin ya kalau gak nyentuh wajan, kompor, dan pisau dapur? Jadi, saya coba untuk masak sebisa saya. kadang berkreasi sendiri sesuka hati mau masak apa.

Begitu juga untuk hari ini. Saya tuh penasaran banget sama selai kacang Skippy yang katanya gak Cuma bisa untuk olesan roti aja. Jadi, dari kemarin keliling toko dan swalayan untuk cari tuh selai. Ironisnya, sampai tadi pagi pun belum ketemu juga. Saya coba minta tolong suami ke swalayan yang dekat tempat kerjanya, siapa tau aja ada. Eh ternyata ada! Haha, dari kemarin kek mampir ya.

Seperti biasa, saya gugling cari resep yang sekiranya cocok dikreasikan dengan selai ini. Macam-macam lah, dari roti manis sampai masakan rumahan yang awalnya pun saya gak kebayang bisa dimix and match sama selai ini. Dan hasilnya saya terinspirasi dari salah satu masakan populer di Surabaya. Tahu telur Surabaya!

Omelet Kecambah Skippy
Pas tadi ke warung, ding dong! Gak ada tahu, mak! Baiklah kita putar otak dan coba buat sesuatu yang mirip-mirip sama tahu telur walaupun gak ada tahunya. Jadinya Omelet Kecambah Skippy. Buatnya super gampang dan cepet banget. Cukuplah punya waktu Cuma 15 menit menjelang berbuka untuk nyiapin menu ini. Oh iya, isiannya juga suka-suka aja. Saya pakai beberapa isian yang ada di kulkas. Intip resepnya yuk!

Omelet Kecambah Skippy 
Bahan :
1 butir telur 
1 genggam kecambah 
1 iris bawang bombay 
3 buah tomat ceri 
1 siung bawang merah 
1 batang daun bawang 
¼ buah paprika hijau 
Garam dan lada bubuk secukupnya 

Dressing : 
3 sdm skippy creamy (atau bisa juga pakai skippy chunky) 
1 siung bawang putih, goreng sampai agak kecoklatan 3 buah cabai rawit merah 
Garam secukupnya 
¼ potong gula merah 

Cara membuat :
1. Rebus kecambah sebentar saja dalam air mendidih. Sisihkan.
2. Cincang semua bahan isian, lalu campurkan di kocokan telur. Beri garam dan lada secukupnya. 
3. Goreng campuran telur tadi seperti menggoreng telur dadar. Sisihkan. 
4. Buat dressing dengan menghaluskan cabai rawit, bawang putih, garam dan gula merah. 
5. Masukkan selai Skippy dan beri sedikit air sampai dirasa cukup kekentalannya. 
6. Tata diatas piring. Telur dadar, lalu beri kecambah rebus diatasnya, dan dressing dari selai Skippy tadi. Taburkan daun bawang di atasnya. 
7. Siap disajikan.


Komentar? Asli ini enak banget! Serius saya juga baru tahu kalau selai Skippy ini bisa untuk berbagai macam makanan dan masakan. Suami saya aja kaget, kok bisa selai dibuat seperti sambal untuk masakan rumahan? Hehe. 

Dari segi fisik, Skippy Peanut Butter yang varian Creamy ini sangat halus selainya. Rasanya gurih, dengan sedikit manis dan asin yang seimbang. Wangi kacangnya mengingatkan saya akan kue kering khas lebaran yang dulu pernah saya buat bareng ibu. 

Dari kreasi menu berbuka tadi, saya juga sempat mencicipi potongan buah pir dengan dressing yang saya buat tadi. Rasanya tambah enak. Saya jadi terinspirasi lagi pengen buat salad sayur pakai dressing ini. Mungkin untuk menu sahur nanti malam. Saya punya bawang bombai, paprika hijau, daun siwil rebus, dan buah pir serta lemon. Kira-kira saya akan dikejutkan dengan rasa segar dan gurih apalagi ya?

Tambahan yang sudah diedit, hehe.

Sahur semalam, saya coba buat salad sayur pakai dressing kreasi Skippy Peanut Butter kemarin sore yang masih ada. Isinya tetap suka-suka saya. Porsian sahur saya : segenggam siwil rebus, 2 iris bawang bombay, 3 buah tomat ceri, dan 1 sendok dressing Skippy. Karena masih ada kecambah rebus juga, jadi saya makan aja. Ditambah sepotong ayam goreng. Rasanya? Hm, asli enak banget! Coba deh di rumah.

Cambah dan ayam gorengnya gak kepoto
Oke, ini menu berbuka puasa dengan Skippy ala saya. Bagaimana dengan kreasi menu Skippy kamu? 

Baca juga : Si Manis Dari Sumsel  

Tidak ada komentar: