Halaman

24 Mei 2019

BPN Day 19 : 5 Amalan Puasa Ini Mudah Kok Dilakukan

Apa kabar Ramadhan di hari ke 19 ini? Tentunya sudah banyak sekali ya kegiatan yang dilakukan. Entah buka puasa bersama teman, tadarus bareng tetangga, atau ikut kajian keliling, atau mungkin malah ada yang sudah sibuk buat kue. Tapi, semoga masih tetap semangat ya mengejar pahala di sisa-sisa Ramadhan ini. Banyak sekali kok amalan yang bisa dilakukan untuk menambah tabungan pahala kita. Sayang sekali kan kalau Ramadhan terlewat dengan kegiatan dunia saja yang minim pahalanya?


Mungkin sebagian kita pernah berfikir bahwa melakukan amalan di bulan Ramadhan itu sulit. Tapi ada juga kok amalan yang mudah yang bisa kita lakukan selama Ramadhan ini.

Makan Sahur
Siapa yang suka malas untuk bangun sahur? Hm, ternyata makan sahur ini adalah salah satu amalan yang termasuk sunnah di bulan Ramadhan. Walaupun hanya minum air putih atau makan sepotong buah, usahakan untuk tetap bangun dan sahur ya. Sebagaimana hadits Nabi Muhammad SAW yang satu ini.

"Makan sahurlah kalian karena dalam makan sahur terdapat keberkahan.”
(HR. Bukhari no. 1923 dan Muslim no. 1095)

Oh iya, usahakan untuk mengakhirkan waktu sahur. Jadi, kemungkinan untuk tidur lagi selepas sahur menjadi kecil. Kan bisa langsung solat Subuh.

Menyegerakan Berbuka
Kalau tadi, kita disunnahkan untuk mengakhirkan sahur, kali ini kita disunnahkan untuk menyegerakan berbuka ketika Maghrib tiba. Walaupun sedang dalam perjalanan, usahakan untuk berbuka terlebih dahulu dengan minum air putih atau apapun yang ada pada saat itu.

Manusia senantiasa berada dalam kebaikan selama mereka menyegerakan waktu berbuka.”
(HR. Bukhari Muslim)

Tarawih
Amalan lain yang tidak ada selain di bulan Ramadhan adalah solat Tarawih. Solat sunnah ini dilaksanakan selepas solat Isya dan bisa dilaksanakan secara berjamaah ataupun sendirian. Bebas mau berapa rakaat, apakah 11 atau 23 rakaat. Baiknya lakukan solat tarawih secara berjamaah di masjid atau musola. Selain dapat pahala jamaahnya, kita juga bisa silaturahmi dengan para tetangga. 

Kalau di tempat tinggal saya, selepas solat tarawih, biasanya para jamaah tidak langsung pulang melainkan mengobrol ala kadarnya bersama tetangga. Jadi, yang biasanya jarang banget ketemu tetangga, pas solat tarawih inilah bisa ketemu, bahkan bisa saling menyapa.

Tadarus Alquran
Ini amalan yang menurut saya sangat ajaib. Kalau biasanya kita hanya membaca 1 atau 2 lembar per hari, nah di bulan Ramadhan, bisa sampai 1 juz per hari. Pahalanya juga ajaib. Di bulan Ramadhan ini 1 huruf Alquran yang dibaca akan membawa kebaikan 10 kali lipat. Seperti hadits Nabi Muhammad SAW berikut ini.

Siapa yang membaca satu huruf dari Al Quran maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut, satu kebaikan dilipatkan menjadi 10 kebaikan semisalnya dan aku tidak mengatakan “alif lam mim” satu huruf akan tetapi Alif satu huruf, Laam satu huruf dan Miim satu huruf
( HR. Tirmidzi dan dishahihkan di dalam kitab Shahih Al Jami’, no. 6469)

Bersedekah
Bersedekah tidak harus menunggu banyak harta dulu. Bersedekah bisa dengan apa saja. Salah satu sedekah paling mudah dilakukan di bulan Ramadhan adalah mengajak buka puasa bersama atau memberi makanan untuk berbuka puasa. Pahala memberi makan orang yang berpuasa itu sama dengan pahala orang yang berpuasa  tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa. 

Nah, itulah beberapa amalan di bulan Ramadhan yang bisa kita lakukan dengan mudah. Yuk, makin semangat meraih banyak pahala di bulan yang hanya datang setahun sekali ini. Semoga tulisan ini bermanfaat ya!


4 komentar:

Rizky Ayu Nabila mengatakan...

menyegerakan berbuka tuh, termasuk amalan yang cukup mudah dan gak ngeberatin, hihi

Laela Awalia mengatakan...

iya, ini yang paling mudah kayaknya ya mba Risky hehe

Essen Ikan Mas Barracuda mengatakan...

Semoga kita diberi kelancaran di setiap shaumnya, thanks for sharing mbak.

Laela Awalia mengatakan...

Aamiin.. terimakasih sudah berkunjung di blog ini 😉