07 Juni 2018

Resep Soto Betawi

Hai, hai...
Sudah mendekati lebaran aja ya. Sudah adakah yang siap-siap membeli daging untuk direndang? Atau mulai memenuhi stok pempek di kulkas untuk menyambut tamu yang datang? Hehe. 

Seperti janji saya di post kemarin, kali ini saya akan bagi resep yang bisa menjadi salah satu teman untuk ketupat lebaran besok. Kalau umumnya teman ketupat itu opor ayam, rendang daging, tumis buncis kentang, dan orak-arik kentang ati, saya mau bagi resep lain. Resep ini saya lirik dari resepnya Bunda Tenthree N Subowo di aplikasi resep masakan yang saya ikuti, yaitu Cookpad. Tapi resep ini sudah saya modifikasi seperti biasa, menyesuaikan dengan bahan yang ada di dapur saya.

Baca juga Si Manis Dari Sumsel.


Hasil recook saya

Resep Soto Betawi

  • 250 gram  daging sapi
  • 150 gram jeroan
  • 2 liter air
  • 250 ml santan
  • 3 lembar daun salam
  • 2 batang sereh
  • 1 ruas lengkuas
  • 4 siung bawang putih
  • 3 siung bawang merah
  • ½ ruas jahe
  • 1 lembar daun jeruk
  • 4 butir kemiri
  •  ½  ruas kunyit
  • 1 sdt ketumbar
  • 1 sdt merica bubuk
  • 3 sdm minyak goreng
  • Garam dan gula secukupnya

Bahan pelengkap:
  • 1 buah kentang besar digoreng
  • 1 buah tomat diiris kasar
  • 1 batang Daun bawang dan seledri diiris halus
  • sesuai selera Bawang goreng
  • sesuai selera Emping melinjo
 Cara Membuat :
  1. Rebus jeroan dengan sereh, salam dan lengkuas. Potong kecil, sisihkan. Rebus daging hingga empung, anglat, potong kecil sisihkan. Jangan dibuang airnya.
  2. Haluskan bawang merah, bawang putih, jahe, kunyi, ketumbar dan kemiri, lalu tumis hingga harum. Masukkan daun jeruk, daun salam, sereh, dan lengkuas. Lanjut tumis hingga bumbu matang dan berminyak.
  3. Rebus kaldu (bekas merebus daging), tuang bumbu yang telah ditumis ke dalam kuah kaldu. Masukkan garam dan gula, lalu koreksi rasa. Masukkan santan. Lanjut masak hingga mendidih
  4. Untuk penyajian, susun daging dan jeroan di mangkok. Tambahkan kentang goreng, dan irisan tomat, kemudian siram dengan kuah soto yang telah matang. Jangan lupa tambahkan irisan daun bawang-seledri, bawang goreng dan emping melinjo.
Itu dia resep soto betawi yang sudah saya recook dan ternyata rasanya sedaapp. Selamat mencoba ya!

Tidak ada komentar: