02 Juni 2018

Si Manis Dari Sumsel


Sekitar seminggu sebelum Ramadhan kemarin, saya mengunjungi adik saya di Belitang, Sumatera Selatan.  Ia baru saja melahirkan anak keduanya, seorang bayi perempuan yang cantik. Dalam acara puputan (istilah suku Jawa dalam acara memberi nama bayi) itu, saya jatuh cinta dengan satu suguhan makanan manis yang ada disana. Namanya dodol agar-agar.

Dodol agar buatan saya ^^
Sebenarnya ini bukan pertama kalinya saya mencicipi dodol agar, tapi baru kali ini saya cicip dodol agar cokelat. Di tempat saya tinggal di Lampung memang tidak jarang juga ada penganan ini ketika acara-acara tertentu semisal lebaran atau ada hajatan. Tapi belum pernah saya melihat ada dodol agar coklat, saya selalu melihat dodol agar daun suji yang berwarna hijau pekat.

Nah, begitu saya mencoba rasanya, saya jatuh cinta. Manis legitnya membuat lidah saya ketagihan, hehe. Alhasil, sepulangnya saya dari sana, saya langsung ingin mencoba membuatnya sendiri. Dari hasil browsing lewat aplikasi Cookpad (kebetulan saya juga member disana walaupun kebanyakan recook dan cookmark daripada membuat resep sendiri, hehe), saya menemukan resep dodol agar coklat.

Baru bisa dieksekusi di pertengahan Ramadhan ini, tapi hasilnya cukup puas bagi saya yang baru pertama kali buat dodol agar ini. Resep ini saya recook dari mbak Friga Liantina dan saya sesuaikan dengan isi kulkas saya.

Resep Dodol Agar-Agar Cokelat

Bahan :
2 bungkus agar-agar plain
2 sdm coklat bubuk
5 gelas air santan dari setengah butir kelapa
7 sdm gula pasir
7 sdm susu kental manis putih
Garam dan vanili secukupnya

Cara membuat :
  1. Dalam mangkuk campurkan susu kental manis, coklat bubuk, garam dan vanili agar tidak menggumpal ketika dimasak nanti.
  2. Dalam panci, masak agar-agar bersama air santan dan gula pasir.
  3. Masukkan campuran coklat bubuk ke dalam panci.
  4. Aduk terus hingga mendidih.
  5. Tuang ke dalam cetakan. Dinginkan.
Dalam pikiran saya, membuat dodol agar itu ribet (karena yang saya tahu, harus pakai daun suji dan daun pandan begitu). Rupanya tidak juga. Ini praktis dan seperti membuat agar-agar biasa, hanya ada tambahan bahan lain saja.

Hasilnya? Hm.. manis legit! Selamat mencoba!

Tidak ada komentar: