26 November 2020

Terbius Aroma Karsa ke Dunia Lain

Judul                                    : Aroma Karsa

Penulis                                 : Dee Lestari

Jumlah Halaman                  : 710 halaman

Penerbit                                : Bentang Pustaka

Tahun terbit                          : Maret 2018

 

Dari beberapa buku Dee Lestari yang pernah saya baca, Dee Lestari memang banyak bereksplorasi pada setting tempat dan waktu yang mendetail dan kadang tidak biasa. Di seri novel Supernova misalnya, dia berhasil membuat saya bisa membayangkan bagaimana rasanya menyeberangi hutan antar negara dari perbatasan Indonesia menuju Thailand. Saya juga jadi ikut membayangkan bagaimana rasanya berhalusinasi hebat hanya karena sebuah jamur.

Aroma Karsa Dee Lestari
Aroma Karsa karya Dee Lestari

Begitu pula dengan Aroma Karsa, sebuah novel terbitan awal tahun 2018 lalu. Sebelum diterbitkan dalam bentuk buku fisik, novel ini awalnya dirilis dalam versi digital dan ditayangkan per episode di sebuah situs membaca online. Waktu itu, saya hanya mengikuti beberapa cuplikannya saja, karena rasanya greget kalau harus menunggu tiap episodenya.

Novel ini bercerita tentang pencarian Puspa Karsa. Tanaman yang dalam benak Raras Prayagung tak lebih dari sebuah dongeng yang diceritakan neneknya, namun ternyata adalah tanaman sungguhan yang tersembunyi di tempat rahasia. Konon, Puspa Karsa adalah tanaman yang memiliki keistimewaan. Ia memiliki kisah tersendiri yang tidak disebutkan dalam manuskrip manapun dan ia mampu mengendalikan kehendak dan mengubah nasib seseorang. Sayangnya, tidak semua orang dapat menemukan tanaman ini.

Raras yang terobsesi sejak neneknya meninggalkan wasiat itu, terus berusaha untuk menemukan Puspa Karsa. Dimulai dengan pencarian manuskrip kuno, penjelajahan berbagai tempat untuk menemukan lokasi tanaman ini berada, hingga suatu saat bertemulah ia dengan Jati Wesi.

Jati Wesi, seorang lelaki yang hidup di TPA Bantar Gebang memiliki penciuman luar biasa. Ia bisa membaui berbagai aroma secara detail yang orang lain tidak mampu mengendusnya. Raras yang melihat peluang itu, segera mempekerjakan Jati di perusahaannya. Namun siapa sangka, Jati rupanya tidak hanya masuk sebagai pegawai biasa saja.

Di lingkungan perusahaan, Jati Wesi bertemu dengan Tanaya Suma, anak semata wayang Raras yang memiliki kemampuan penciuman yang sama. Seiring waktu, Jati Wesi mulai mengetahui kisah hidup sesungguhnya dari dirinya, dari mana ia berasal dan kisah masa lalu yang selama ini tersembunyi darinya.

Aroma Karsa Dee Lestari
Aroma Karsa


Kalau ditanya apa saja keunggulan novel yang satu ini, saya gak bisa jawab secara pasti. Sebab, bagi saya buku ini sudah lebih dari bagus. Dari setting tempat yang bisa membuat saya merasa ikut menjelajahi hutan sampai ke dunia lain, karakter tokoh yang kuat dan konsisten, serta dialog dan narasi yang mengalir tanpa ada kebosanan untuk pembaca.

Aroma Karsa mengambil setting tempat yang dalam bayangan saya seperti dua dunia berbeda. Dunia nyata tempat sekarang saya tinggali dan dunia lain tempat para makhluk setengah dewa, setengah manusia, setengah jadi-jadian, tinggal dan membuat kampungnya sendiri.

Baca juga : Sirkus Pohon, Resensi Novel Andrea Hirata

Hampir tidak ada kekurangan yang saya lihat sepanjang membaca novel ini. Hanya satu kekurangannya, belum difilmkan saja, hehe. Tapi kalau memang ini mau diangkat jadi film, saya sangat berharap pemeran dan adegannya bisa pas dan seseru pengalaman membaca saya (saya teringat film Ksatria, Putri dan Bintang Jatuh yang diambil dari bukunya Dee Lestari juga, itu saya merasa kurang pas banget).

Kalau kamu suka membaca cerita petualangan yang berbeda dari biasanya, saya rekomendasikan novel ini untuk kamu. Dari halaman pertama saja, saya sudah penasaran dan serasa gak bisa berhenti untuk terus membaca.

Terakhir, satu hal yang bisa saya simpulkan setelah membaca novel ini adalah, bahwa obsesi pada suatu hal bisa menjadi keserakahan yang tak terkendali untuk kemudian mengubah takdir menjadi jauh lebih buruk.

2 komentar:

Rizki Wulandari mengatakan...

Terimakasih reviewnya kak. Ini salah satu novel yang pengen kubaca. Penciuman super Jati Wesi bikin teringat dengan tokoh di film/buku Perfume karangan Patrick Suskind.

Laela Awalia mengatakan...

@Rizki
wah saya belum pernah baca novel itu tuh. Petualangan juga kah? Terimakasih ya sudah mampir :)