15 Agustus 2020

Hari Ini, 5 Tahun Yang Lalu

Hari ini, tepat lima tahun yang lalu. Di hari yang sama kami mengikrarkan janji suci. Di hari dan tanggal yang sama. Mungkin memang untuk mendapatkan hari dan tanggal yang sama, butuh waktu hingga lima tahun dulu ya.

Wedding anniversary
Bukti janji, hihi

Saya terlalu melankolis. Sepagi ini, saya nyalakan laptop dan langsung menuju folder foto pernikahan. Ada beberapa folder disana. Saya mulai membuka fotonya satu per satu. Diiringi oleh lagu melankolis bertema pernikahan, foto-foto itu seperti sedang bercerita kembali.

Meski tidak ada dalam foto, saya masih ingat bagaimana kesibukan di rumah saya beberapa hari sebelum hari itu tiba. Dan pada akhirnya, saat tibanya hari, saya bahkan merasa tak percaya. Saya memandangi tenda dan kursi yang tersusun rapi dan bertanya dalam hati. Benarkan ini pernikahan saya?

Hingga pada pagi, hari ini lima tahun yang lalu. Di hari dan tanggal yang sama, saya diiring menuju tempat prosesi akad nikah. Saya lihat foto-foto bercerita. Banyak tawa bahagia disana. Banyak pula mata yang berkaca-kaca. Dan seperti dalam foto itu, kali ini mata saya pun berkaca-kaca.

Air mata saya jatuh satu per satu. Saya memang terlalu melankolis pagi ini. Hanya melihat foto-foto itu, saya terbayang kembali bagaimana perasaan saya lima tahun yang lalu. Saya masih merasa seperti baru kemarin saja padahal ini sudah hari ke 1826.

Mungkin karena kami belum punya malaikat kecil. Mungkin karena kami melaluinya dengan banyak hal. Kami tahu, tidak ada kehidupan setelah pernikahan yang selalu damai tanpa keributan. Hal-hal kecil saja bisa jadi pemicu adu mulut.

Saya yang melankolis, dia yang plagmatis. Benar-benar tanpa reaksi bagaimanapun ulah saya. Mungkin memang beginilah Tuhan memilihkan pasangan. Apa jadinya kalau pasangan saya melankolis juga? Atau apa jadinya kalau saya juga plagmatis yang datar-datar saja di setiap keadaan. Pernikahan itu ternyata lucu ya!

tema pernikahan
Si plagmatis

Dari awal bulan, saya sudah bersemangat untuk menyambut ulang tahun pernikahan kami. Seperti tahun-tahun sebelumnya. Saya tahu, hanya saya yang akan sesemangat ini. Tapi, siapa tahu dia sudah mulai mengikuti ritme kemelankolisan saya, haha.

Baca juga : Happy 4th Wedding Anniversary

Saya tanya, mau kasih hadiah apa untuk anniversary kita? Walaupun saya sudah tahu jawabannya, saya tetap bertanya seperti itu.

Hadiah apa? Katanya. Benar kan? Itulah jawaban dari pertanyaan yang saya ajukan. Berkali-kali selama lima tahun seperti itu. Saya sudah tidak asing dengan itu.

Buat surat cinta ya. Itu permintaan saya meskipun saya tahu lagi itu tak akan mungkin. Orang plagmatis tak pernah bisa romantis dengan cara melankolis. Benar? Haha.

tema pernikahan
Si melankolis

Gak bisa nulis begituan. Dulu aja pas orientasi mahasiswa baru, diriku gak nulis kayak gitu. Nah, malah curhat kan?

Ya tulis aja kata-kata apa kek. Pendek pendek juga gak papa. Atau tulis aja, kamu cantik, terimakasih istriku, atau I love you. Saya mulai sewot lagi. Padahal niatan awal gak bikin ribut.

Eh, besok aku bawa bekel apa? Bla.. bla..

Saya tarik nafas sedalam-dalamnya dan berkata dalam hati, meyakinkan bahwa orang plagmatis tak akan pernah cocok dengan orang melankolis dalam hal keromantisan picis macam ini.

Baca juga : Dear, Laki-Laki

Saya masih melihat foto-foto yang banyak ini. Satu folder tak cukup. Satu lagu pun belum bisa untuk menyelesaikan beberapa folder itu. Air mata saya sudah tidak jatuh lagi, berganti dengan senyum tak jelas. Kehidupan setelah pernikahan ini benar-benar lucu memang.

Selamat ulang tahun pernikahan ke 5 ya untuk kita! I love you.

Di paragraf terakhir ini, saya menulisnya pas diiringi lagu legendaris milik George Benson yang kembali populer saat dibawakan oleh Westlife.

Nothing’s Gonna Change My Love For You

If I had to live my life without you near me
The days would all be empty
The nights would seem so long
With you I see forever, oh, so clearly
I might have been in love before
But it never felt this strong

Our dreams are young and we both know
They'll take us where we want to go
Hold me now, touch me now
I don't want to live without you

Nothing's gonna change my love for you
You oughta know by now how much I love you
One thing you can be sure of
I'll never ask for more than your love

Nothing's gonna change my love for you
You oughta know by now how much I love you
The world may change my whole life through
But nothing's gonna change my love for you

If the road ahead is not so easy
Our love will lead the way for us
Like a guiding star
I'll be there for you if you should need me
You don't have to change a thing
I love you just the way you are

So come with me and share the view
I'll help you see forever too
Hold me now, touch me now
I don't want to live without you

Nothing's gonna change my love for you
You oughta know by now how much I love you
One thing you can be sure of
I'll never ask for more than your love

Nothing's gonna change my love for you
You oughta know by now how much I love you
The world may change my whole life through
But nothing's gonna change my love for

8 komentar:

Peri Kecil Lia 🧚🏻‍♀️ mengatakan...

Huaaa ikutan terharu bacanya. Btw, laki-laki begitu ya, suka susah kalau disuruh romantis hahaha. Tapi terkadang bisa romantis dengan caranya tersendiri yang bisa bikin hati jadi meleleh 🤭

Oiya, Selamat ulang tahun pernikahan kak Laela 🥳
Semoga cinta kasih antara kakak dan pasangan semakin hangat dan membara. Langgeng terus ya kak 💪🏻🙏🏻

qurtubi mengatakan...

Selamat ulang tahun pernikahan
#adekbungsu

qurtubi mengatakan...

Selamat ulang tahun Ya Sayang Tetaplah bersabar dengan Pasanganmu, yakinlah dengan apa yg diberikan oleh ALLAH suatu saat dirimu akan mendapatkan apa yg kau inginkan ALLAH tidak akan membiarkan orang orang yg sabar dan berdo'a. Salam bahagia untuk kalian berdua
IBU DAN ABAH TERCINTA DAN PALING SAYANG

Laela Awalia mengatakan...

Hehe iya.. makasih ya sudah mampir di blog ini 😁😁😁

Laela Awalia mengatakan...

Makasih dek bungsu

Laela Awalia mengatakan...

Makasih ibu dan abah..

Biam deNatura mengatakan...

Semoga langgeng, dan mendapat apa yang dicita-citakan... dan semoga saya masih bisa baca tulisanmu dengan judul "25 tahun aniversary pernikahan"

Laela Awalia mengatakan...

@biam denatura
aamiin... dan untuk kalimat terakhir, spontan saya ngakak haha. semoga masih bisa dan masih ada blog ini