Halaman

06 Maret 2018

PRIVE URI-CRAN, SOLUSI CEPAT ATASI ANYANG-ANYANGAN


Jadi, ceritanya beberapa bulan yang lalu tepatnya bulan Ramadhan, saya mengalami satu hal yang sempat membuat malam-malam Ramadhan saya terasa terganggu. Bagaimana tidak, ketika saya melaksanakan shalat tarawih, yang notabene tidak di rumah tetapi di mushola, saya harus bolak-balik ke kamar mandi untuk buang air kecil. Masih untung mushola hanya di depan rumah dan ketika rasa ingin buang air kecil itu datang, saya bisa langsung ngacir ke rumah.

Kalau hanya sekali sepanjang sholat sih mungkin tidak apa-apa, tapi kalau sudah berkali-kali? Melelahkan pastinya. Belum lagi, pasti banyak ketinggalan rakaat shalat tarawihnya. Satu lagi, bolak-baliknya saya sudah pasti mengganggu barisan jamaah yang lainnya. Alhasil, beberapa malam Ramadhan, saya memilih untuk sholat tarawih di rumah saja.

Ketika ibu saya bertanya kenapa saya tidak pergi ke mushola, saya menjawabnya sambil meringis.
“Lagi anyang-anyangan.”
OOO
Apa sih anyang-anyangan itu?

Mungkin sebagian orang sudah mengenal istilah anyang-anyangan. Kondisi dimana rasa ingin selalu buang air kecil, tetapi urin yang dikeluarkan hanya sedikit sekali dan biasanya disertai gejala sakit buang air kecil. Keadaan ini tentu saja membuat aktivitas sehari-hari jadi terhambat karena harus bolak-balik ke kamar kecil. Bahkan menurut dokter, anyang-anyangan bisa jadi salah satu gejala awal adanya infeksi saluran kemih (ISK). Cukup menyeramkan? Tentu saja.

Untungnya, tidak semua orang yang mengalami anyang-anyangan berarti juga terkena infeksi saluran kemih. Tapi alangkah baiknya jika memang kita bisa menghindari anyang-anyangan ini karena kalau sudah terkena infeksi saluran kemih, pengobatan yang dilakukan sudah pasti akan lebih berat lagi. Ironisnya, perempuan lebih berisiko terkena anyang-anyangan daripada laki-laki. Bahkan tingkat resikonya mencapai 50%, artinya 5 dari 10 orang perempuan berpotensi terkena anyang-anyangan. Nah lho! Makanya yuk kenali penyebab anyang-anyangan ini sehingga kita kaum perempuan bisa mencegahnya sebelum terjadi.

Perempuan lebih berpotensi terkena anyang-anyangan
Kenapa bisa anyang-anyangan?

Salah satu teman saya bilang anyang-anyangan itu karena air yang kita minum, mungkin saja tidak matang sehingga masih banyak bakteri yang hidup dan akhirnya tertelan masuk ke saluran pencernaan. Satu lagi bilang karena kurang minum air putih alias dehidrasi. Dan, setelah cari tahu kesana kemari sambil googling juga, ternyata penyebab anyang-anyangan itu banyak.

1.    Dehidrasi
Kalau yang satu ini sepertinya ini pengalaman pribadi. Dehidrasi dapat berarti kekurangan cairan yang bisa terjadi karena kurangnya minum air putih. Saya pribadi yang notabene bekerja kantoran dan sering duduk lama di depan komputer dalam ruangan yang ber-AC tentu saja jarang merasa panas dan haus. Akibatnya sudah jelas, jarang minum air putih. Bahkan pernah sampai lupa dari pagi sampai jam makan siang, tidak minum air putih sama sekali. Padahal dalam ruang ber-AC, kita malah dianjurkan untuk lebih banyak minum untuk mengganti cairan tubuh.

2.    Sering menahan buang air kecil
Ini juga mungkin penyebab anyang-anyangan yang terjadi pada saya. Karena jarak kamar mandi dengan kantor saya lumayan jauh, saya sering malas ke kamar mandi untuk buang air kecil. Seringnya saya menahan hingga waktu istirahat atau mau pulang kerja. Benar-benar tidak baik dan tidak patut dicontoh ya.

3.    Sering minum minuman yang berefek diuretik, seperti alkohol, kopi, dan teh
Sudah disebutkan di awal bahwa saya sering malas minum air putih, ditambah minuman berwarna sepertinya lebih menyegarkan ketika terasa haus. Rupanya, minuman diuretik seperti teh dan kopi bisa juga menyebabkan anyang-anyangan.

4.    Pembesaran prostat
Kalau penyebab yang satu ini lebih kepada laki-laki ya. Membesarnya prostat dapat menekan saluran kemih sehingga urin akan tertahan dalam kandung kemih. Menumpuknya urin dalam kandung kemih dapat meningkatkan potensi pertumbuhan bakteri dan tentu saja memicu anyang-anyangan.

5.    Saluran kemih tidak normal
Pastinya ada beberapa orang yang dilahirkan dengan kondisi saluran kemih yang tidak normal. Nah ini juga salah satu penyebab anyang-anyangan.

6.    Adanya bakteri penyebab infeksi saluran kemih
Nah ini yang paling berbahaya dan mudah sekali menyebabkan anyang-anyangan hingga terjadinya infeksi saluran kemih. Biasanya, bakteri yang berperan dalam hal ini adalah bakteri E-Coli yang banyak terdapat di air yang kotor atau air yang terlalu lama berdiam di bak mandi. Adanya bakteri inilah yang menjadi penyebab sakit saat buang air kecil.

Seperti yang sudah disebutkan di awal tulisan ini bahwa perempuan lebih berpotensi terkena anyang-anyangan daripada laki-laki, juga berpotensi pula untuk terjadi berulang kali. Oleh karena itu, apa saja sih langkah-langkah untuk mencegahnya? Kalau sudah terkena anyang-anyangan sekali, sudah cukup lah ya menderitanya bolak-balik ke kamar mandi.

Cara Mencegah Anyang-Anyangan

Ada beberapa cara mencegah anyang-anyangan. Mudah dan sederhana kok, asal kita rajin dan telaten saja. Berikut caranya :

1.    Jaga kebersihan area V
Penyebab anyang-anyangan yang paling banyak adalah karena adanya bakteri E. Coli yang biasanya banyak terdapat pada kotoran manusia. Masuknya bakteri ini ke saluran kemih bisa terjadi jika cara pembersihan anus ketika buang air besar salah. Pada umumnya, membersihkan anus dari arah belakang ke depan. Bagi perempuan, pendeknya jarak antara anus dengan area V mempercepat masuknya bakteri ini ke saluran kemih. Maka, mulailah cara membersihkan yang benar, yaitu dari arah depan ke belakang.

Lebih lanjut, biasakan membersihkan area V dengan air yang mengalir, bukan dengan air yang sudah lama berada di dalam ember atau bak mandi. Kalau sedang bepergian, usahakan selalu membawa tisu basah higienis untuk membilasnya setelah dibersihkan dengan air.

2.    Jangan malas ganti celana dalam
Nah, cara yang satu ini memang agak ribet, apalagi kalau sedang bepergian atau untuk perempuan yang bekerja di luar rumah. Tapi, demi kesehatan kandung kemih dan agar aktifitas tetap lancar tanpa ada gangguan anyang-anyangan, jangan malas deh untuk ganti celana dalam. Minimal ketika buang air kecil pada siang hari untuk meminimalisir adanya bakteri penyebab anyang-anyangan.

3.    Jangan suka menahan buang air kecil
Ini termasuk peringatan yang digarisbawahi untuk saya yang suka menahan buang air kecil dengan alasan tanggunglah, atau takut ke kamar mandi ketika malam hari, atau apapun alasannya. Percayalah, akibat yang terjadi tidak sebanding dengan alasan-alasan itu.

4.    Rajin minum air putih
Mulai kurangi konsumsi air berwarna yang bersifat diuretik dan rajin minum air putih. Air putih ini dapat mengatasi susah buang air kecil. Apalagi, untuk perempuan yang bekerja kantoran dan lebih banyak duduk di depan komputer. Agar tidak lupa dan malas, sediakan botol air minum cantik dan secarik kertas kecil dengan tulisan “Sudah minum air putih berapa liter hari ini?”

5.    Bersihkan diri setelah berhubungan
Bagi Anda yang sudah menikah, sebaiknya jangan langsung tidur setelah berhubungan. Buang air kecil dan bersihkan area-V dengan benar sehingga dapat meminimalisir bakteri yang akan masuk ke saluran kemih.

Mengatasi Anyang-Anyangan

Bagaimana kalau sudah terlanjur anyang-anyangan? Sebelum pergi ke dokter, anda bisa mencoba beberapa minuman berikut yang bisa mengatasi anyang-anyangan.


1.    Minum air jeruk nipis
Cukup seduh perasan jeruk nipis dengan air panas, lalu tambahkan gula pasir untuk mengurangi rasa asam dan pahitnya. Minum seduhan jeruk nipis ini ketika anyang-anyangan timbul.

2.    Seduhan daun kumis kucing
Ramuan yang kedua ini memang agak sedikit lama mempersiapkannya karena daun kumis kucing perlu dijemur hingga kering sebelum diseduh. Setelah kering, seduh seperti menyeduh teh biasa. Jika ingin menambahkan rasa, gunakan gula jawa dan bukan gula pasir.

3.    Prive Uri-Cran
Nah, kalau tidak ingin ribet dan mau cari praktisnya, Prive Uricran bisa menjadi solusinya. 


Apa itu PriveUri-Cran?

Prive Uricran adalah minuman suplemen yang mengandung ekstrak buah cranberry (Vaccinium oxycoccos). Buah yang masih termasuk ke dalam jenis berry ini memiliki banyak manfaat. Bahkan, sejak dahulu, tanaman ini sering dijadikan sebagai obat luka pada zaman nenek moyang suku Indian kuno.

Cranberry mengandung banyak vitamin C dan antioksidan yang meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah sariawan,kaya serat makanan, mineral dan flavonoid, quersetin, peonidin, antosianidin dan polifenol sehingga sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung dan dapat mencegah penyakit kanker. Riset untuk membuktikan khasiat buah ini telah banyak dilakukan, salah satunya adalah riset yang dilakukan oleh lembaga pengawas obat dan makanan Prancis, AFSSA. Pada tahun 2004, lembaga tersebut mengizinkan penggunaan jus buah cranberry sebagai antibakteri untuk kesehatan saluran kemih. Hal ini dibuktikan oleh 4 uji klinis secara acak yang menyatakan bahwa jus cranberry mampu menghambat infeksi bakteri pada saluran kemih.

Khasiat penghambatan infeksi saluran kemih oleh buah yang berwarna merah cerah ini karena adanya kandungan proantosianidin yang dapat menghambat perlekatan bakteri E. Coli pada saluran kemih.
Nah, dari banyaknya manfaat buah cranberry tersebut, tidak diragukan lagi Prive Uricran dapat menjadi solusi praktis untuk mengatasi anyang-anyangan. Selain praktis, minuman ini juga menyegarkan dengan rasa manisnya.

Prive Uri-Cran di sela-sela aktivitas saya
Sediaan Prive Uri-Cran

Ada dua varian produk yang bisa dipilih untuk mengatasi anyang-anyangan dan mencegahnya kembali lagi ini. Prive Uri-Cran yang mengandung 250 mg ekstrak cranberry dan Prive Uri-Cran Plus, yang selain mengandung 375 mg ekstrak cranberry, juga mengandung vitamin C dan 0,1 mg Lactobacillus Achidopillus serta 0,1 mg Bifidobacterium bifidum. Masing-masing sediaan berbentuk kapsul dan serbuk yang mudah dan praktis dibawa kemana-mana.

Varian Prive Uri-Cran
Masih ragu mengkonsumsi Prive Uri-Cran? Tenang saja, minuman suplemen ini diproduksi oleh perusahaan besar ternama, yaitu PT. Combiphar  yang sudah pasti menjaga kwalitas produknya. Jadi tidak ragu lagi untuk mengkonsumsinya. Bahkan Prive Uri-Cran ini bisa dikonsumsi setiap hari karena ini adalah suplemen yang selain bisa menjadi obat anyang-anyangan, juga bisa menjaga kekebalan tubuh. Nah, untuk Anda yang ingin tahu lebih banyak tentang anyang-anyangan dan Prive Uri-Cran, bisa kunjungi situsnya disini.

Oke, ini pengalaman anyang-anyangan saya san solusi praktisnya. Bagaimana pengalamanmu?

Referensi :
1. http://uricran.co.id/
2. https://bacaterus.com
3. http://rubrikita.com

Tidak ada komentar: