05 Agustus 2019

5 Hal Ini Bisa Dicoba Untuk Meminimalisir Sampah Plastik

Halo!
Ceritanya, memang sudah lama saya berusaha untuk meminimalisir sampah, khususnya sampah plastik. Memang belum banyak hal yang saya lakukan, dan pasti juga belum ada apa-apanya ketimbang banyak orang di luar sana yang benar-benar serius dalam mengatasi masalah sampah ini. Tapi, namanya juga berusaha kan ya? Saya juga suka mikir sendiri akan jadi seperti apa bumi ini di kemudian hari, kalau setiap harinya sampah selalu menumpuk?

Sebenarnya banyak hal yang bisa kita lakukan untuk meminimalisir sampah, terutama sampah plastik. Misalnya :

1. Membawa air minum botol sendiri
Ini yang sudah sering saya lakukan. Membawa botol minum yang bisa dipakai berkali-kali lebih bisa meminimalisir sampah plastik. Selain hemat karena saya gak perlu beli minum lagi di jalan, saya juga bisa pakai botol minumnya kembali dan tidak membuang botol plastik lagi. Kecuali bepergian jauh yang tidak memungkinkan saya untuk bawa air minum dalam jumlah besar, saya akan selalu bawa minum sendiri.

Botol minum dari kaca
Baca juga : Jalan Kaki dan Ocehan Gak Jelas

2. Membawa kotak makan
Sama dengan membawa botol minum sendiri, bawa kotak makan dari rumah pun ikut membantu mengurangi sampah plastik. Ini bisa diterapkan ketika mau beli lauk atau sayur di warung tapi tidak dimakan di tempat. Biasanya kan pakai plastik tuh dari ibu warungnya. Nah bisa disiasati dengan bawa wdah makan sendiri, lebih ramah lingkungan juga gak repot memindahkan makanan lagi.


3. Bawa plastik belanjaan sendiri
Nah, kalau yang ini saya sudah mulai mempraktekannya meskipun kadang-kadang saya lupa juga bawa plastik belanjaan sendiri. Saya sering banget tuh dapet goodie bag, macam-macam juga bahannya. Spunbond, plastik, dan kertas. Nah, yang bahan spunbond dan plastik, bisa tuh dilipat-lipat dan diselipin di tas. Manakala pergi ke toko atau warung, gak perlu minta plastik lagi ke penjaga tokonya. Selain gak banyakin sampah plastik di rumah, cara ini juga secara tidak langsung akan mengurangi penggunaan plastik.


Ada cerita sedikit soal bawaan plastik belanjaan ini. Jadi, saya tuh sering ke warung yang dekat rumah untuk belanja kebutuhan dapur. Seringnya sepulang kerja biar sekalian jalan. Nah, sudah beberapa kali saya bawa plastik sendiri. Pertama kali belanja pakai plastik belanjaan sendiri, penjaganya agak heran.

"Kok bawa plastik sendiri, mbak?" tanya si mbak penjaga.
"Gak papa, sudah banyak banget plastik di rumah," kata saya sambil nyengir.

Hari berikutnya, saya bawa plastik sendiri lagi, dan mbaknya sudah gak tanya lagi, tapi ganti tanggapan.

"Bagus gini ya mbak, hemat juga kita. Gak nyampah juga ya mba." Saya mengiyakan sambil senyum lagi.

Hari selanjutnya, saya bawa lagi dan mbaknya kasih tanggapan yang lebih lagi,
"Mbak kok go green banget ya, hehe." Saya ketawa aja.

4. Gak usah pakai plastik kalau gak perlu amat
Kadang, kita secara gak sadar hobi juga ngumpulin kantong plastik belanja. Padahal kalau dipikir lagi, tuh plastik gak perlu-perlu amat. Misalnya nih, beli barang kecil semisal sabun cuci muka atau sikat gigi sebiji. Kan itu bisa dimasukin tas ya, atau bisa digabung ke tas belanjaan lain yang sudah lebih dulu ada di tangan. Tapi, nyatanya kita masih saja nerima plastik belanja untuk barang sekecil itu, yang pada akhirnya akan dibuang juga.

Beberapa minimarket atau swalayan, memang sudah memberlakukan plastik berbayar, tapi kalau konsumennya tidak diedukasi juga, ya sama aja. Toh plastik itu harganya cuma Rp 200,- yang gak berarti apa-apa menurut konsumen. Jadi, coba yuk untuk berfikir lagi kalau mau dikasih plastik untuk pembelian barang yang seumit dan bisa dimasukkan ke tas atau dompet.

5. Belajar daur ulang sampah plastik
Kalau hal yang satu ini, bisa diterapkan untuk sampah plastik bekas minyak goreng, sabun cuci piring, atau botol minuman sekali pakai. Biasanya ibu saya yang ajarin pakai wadah-wadah itu sebagai pengganti polibag untuk media tanam. Botol-botol bekas minuman juga bisa disulap jadi tempat pensil atau pot bunga.

Nah itu dia beberapa hal yang bisa dicoba untuk meminimalisir penggunaan dan sampah plastik. Tahu kan berita soal ikan besar yang mati dan di perutnya ditemukan sampah plastik dalam jumlah besar? Yuk mulai dari hal yang kecil dan dekat dengan diri sendiri dulu.

Ada trik lain untuk meminimalisir plastik? Boleh komentar di bawah ya. Salam bersih lingkungan!

4 komentar:

Rey - reyneraea.com mengatakan...

Semuanya memang butuh keinginan kuat ya, saya sering banget niatnya bawa ini itu pas keluar, eh nyatanya lumayan rempong dan ngalah juga nggak dipakai hahaha

Tapi saya senang banyak teman yang menulis mengenai hal ini, jadi semangat lagi ikhtiar meminimalis sampah :)

Laela Awalia mengatakan...

iya mba Rey, memang butuh niat banget. Saya aja yang bertekad ngurangin sampah plastik masih sering lupa dan kalau dikasih plastik motif lucu pas beli satu barang gitu, a diterima aja haha.

Vida Zenitha mengatakan...

Bawa botol minum dan tas belanja sudah mulai terbiasa. Tapi kalau untuk bawa kotak makan, belum karena jarang banget jajan diluar yang pakai bungkus plastik. Nah, yg masih chalenging banget adalah daur ulang sendiri hehehe, ini butuh ketelatenan dan gerak cepat. Dulu pernah suka ngeliatin DIY dari daur ulang sampah plastik (misal botol minum air mineral) atau box-box (misal box cereal), sayangnya karena gak gercep akhirnya malah tertimbun nganggur XD

Laela Awalia mengatakan...

Nah, iya tuh. Kadang pengen banget bebuatan dari bahan bekas gitu, tapi dengan alasan yang sama seperti alasan mba Vida, jadi numpuk deh, haha.