Halaman

05 Oktober 2019

5 Tips Memilih Trave Umroh Agar Tak Tertipu

Pergilah dengan hatimu
Pergilah karna panggilan Tuhan
Tunaikan perintahnya
Allah kan menjagamu

Labbaik Allahumma labbaik
Labbaikala syarika laka labbaik
Innal hamda wanni'matalak
Walmulkala syarikalak

(Allahumma Labbaik - Sabyan)


Umroh bersama ahsanta

Setiap kali saya mendengar lagu ini, hati saya selalu gerimis. Rasanya sudah terbayang Ka'bah di depan mata, dikelilingi oleh jutaan umat Islam dari seluruh dunia. Terbayang pula sebanyak apa doa yang akan saya panjatkan disana. Ada yang seperti saya ini?

Kabah memang punya daya tarik tersendiri bagi umat Islam untuk menuju kesana. Bukan hanya sekadar tempat untuk beribadah, tapi juga karena ada panggilan dari rukun Islam yang ke-5, yaitu berhaji. Namun, tidak semua umat Islam bisa berhaji. Adanya pembatasan kuota haji menyebabkan tidak sedikit umat Islam yang ingin berangkat harus mengantri hingga bertahun-tahun. Apalagi ibadah haji tidak bisa sewaktu-waktu karena hanya di bulan Dzulhijjahlah dilaksanakannya ibadah haji itu. Selain itu, tidak sedikit biaya yang harus dikeluarkan untuk berangkat haji.

Meskipun begitu, umat Islam tidak kehilangan semangat untuk bisa datang ke Mekah. Ada alternatif lain yang bisa dilakukan untuk beribadah disana selain haji, yaitu ibadah umroh. Selain karena tidak adanya waktu tunggu untuk berangkat sehingga bisa berangkat kapan saja, biaya yang dikeluarkan untuk umroh pun lebih murah. Juga, pengurusan administrasinya pun relatif lebih cepat dan mudah. Apalagi sekarang bertebaran travel umroh yang bisa membantu pengurusan jamaah umroh, mulai dari pengurusan surat menyurat hingga keberangkatan dan akomodasi selama umroh.

Bicara soal travel umroh, beberapa tahun lalu pernah viral travel umroh yang tidak amanah dan malah menyelewengkan uang calon jamaahnya. Alih-alih ingin segera berangkat ke tanah suci, yang didapat malah kekecewaan karena harus gagal berangkat. Nah, tidak ingin kan kasus begitu menimpa kita yang sedang mencari referensi travel umroh?

Mencari dan memilih travel umroh memang gampang-gampang susah. Dengan banyaknya travel umroh yang tersebar di hampir seluruh wilayah Indonesia, juga semakin canggihnya teknologi pencarian leweat jalur digital, kita bisa dengan mudah memilih travel untuk keberangkatan umroh kita. Tapi sebaiknya perhatikan beberapa tips berikut supaya pencarianmu tidak berujung pada travel umroh yang bikin kamu gagal berangkat ke tanah suci.

Tips Mudah Memilih Travel Umroh 

1. Travel umroh terdaftar di Kemenag

Salah satu hal mendasar untuk mengetahui keresmian travel umroh adalah adanya legalitas remi dari Kementerian Agama RI. Ada baiknya menanyakan legalitas ini ke travel umroh yang akan dipilih. Atau bisa juga kita cari sendiri melalui aplikasi online dari Kemenag, yaitu Umrah Cerdas, Ditjen Penyelenggaraan Haji Indonesia.

Travel umroh yang resmi pastinya bisa menunjukan beberapa kelengkapan administrasinya seperti SITUP, TDP, NPWP perusahaan, akta pendirian perusahaan dan sebagainya.

2. Kesesuaian harga

Jangan tergiur dengan harga yang murah. Meski ada beberapa travel umroh yang memang memberikan promo di waktu tertentu, tetapi jangan pernah mudah tergiur dengan harga murah. Apalagi selisihnya jauh berbeda. Ada baiknya mencari perbandingan harga pasar dengan travel umroh yang lain. Sebab, tidak sedikit travel umroh 'nakal' yang gemar berpromosi dengan harga murah namun akhirnya malah mengecewakan.

3. Cek fasilitas 

Setelah mengecek kesesuaian harga, selanjutnya adalah mengecek kembali fasilitas apa saja yang bisa didapat dengan harga tersebut. Pilih yang sesuai dengan kebutuhan kita. Apakah hanya umroh beberapa hari, atau ada paket lain yang termasuk tour ke kota-kota di sekitar Mekah. Cek pula dimana kita akan menginap, bagaimana kebutuhan makan, transportasi, dan pendamping.

4. Alamat kantor jelas 

Lagi-lagi, dengan kemudahan era digital ini, hampir semua alamat bisa dicari hanya dengan klik di mesin pencari. Namun, ada baiknya juga kita tidak mudah percaya alamat kantor yang tertera di website atau situs lainnya. Akan lebih baik, kita datangi dan lihat sendiri bagaimana keadaan kantornya, apakah benar ada gedungnya, petugasnya, dan kelengkapan kantor pada umumnya.

5. Telusuri rekam jejaknya 

Ibarat kita berbelanja secara online, pasti kita akan melihat komentar-komentar pembeli yang lain dulu sebelum kita memutuskan untuk membeli barangnya. Nah, seperti itu juga dalam memilih travel umroh. Lihat testimoni jamaah yang sudah pernah menggunakan travel umroh tersebut. Bisa juga mencari referensi dari kerabat yang lebih mudah kita percayai. Apabila rekam jejak travel umroh tersebut banyak baiknya, InsyaAllah akan baik juga kita pilih.

Bagaimana, sudah ada bayangan travel umroh apa yang akan dipilih untuk perjalanan wisata ruhani kamu? Dari sekian banyaknya travel umroh yang bertebaran, kemarin saya temukan salah satu travel umroh yang recomended. Apakah itu?

Ahsanta Travel

Travel umroh ini sudah cukup berpengalaman karena telah menangani perjalanan umroh dan haji selama lebih dari 15 tahun. Beberapa program unggulannya, yaitu Paket Haji Khusus, Paket Umroh, dan Paket Halal Tour, menawarkan berbagai fasilitas yang disesuaikan dengan kebutuhan dan budget calon jamaah.

Kenapa memilih Ahsanta Travel?Ada banyak hal yang bisa jadi pertimbangan untuk memilih travel umroh ini. Seperti tips yang sudah saya tuliskan sebelumnya, Ahsanta Travel punya semuanya.

1. Terdaftar di Kemenag 

Ahsanta Travel telah mengantongi izin operasional pengelenggara umroh dan haji plus dari Departemen Agama RI sejak tahun 2003. Kelengkapan surat-suratnya juga banyak. Mulai dari Izin Usaha Kepariwisataan, TDP, SIUP, sampai sebagai anggota Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umroh Republim Indonesia (Amphuri). Boleh dicek deh di website Ahsanta Travel. 

2. Fasilitas lengkap 

Banyak paket dan promo yang ditawarkan oleh Ahsanta Tour. Tenang saja, ini bukan paket murah, tapi paket promo dengan pelayanan yang sama standarnya dengan paket manapun yang ada di Ahsanta Tour. 

beri bukti, bukan janji
Sumber : Ahsanta Travel
Salah satu paket yang ditawarkan adalah Umroh Plus Turkey 12 Hari. Di paket ini, fasilitas yang kita dapatkan cukup lengkap dan jelas. Mulai dari pesawat, hotel, makan, visa, hingga asuransi perjalanan. Selain itu, bagi calon jamaah di bawah umur 45 tahun yang berangkat sendirian, disediakan pula mahrom dengan biaya tambahan. 

umroh nyaman bersama ahsanta
Sumber : Ahsanta Travel
3. Punya rekan jejak yang baik 

Mungkin ada yang bertanya-tanya ya, travel umroh lebih dari 15 tahun apakah rekan jejaknya pun bagus? Hayuk, main-main deh ke websitenya Ahsanta Travel, biar bisa lihat sendiri bagaimana testimoni para jamaah haji dan umroh yangn pernah berangkat ke tanah suci bersama travel ini.

4. Alamat kantor jelas 

Nah ini dia. Ahsanta travel punya alamat kantor yang jelas dan bisa ditelusuri secara langsung. Selain memiliki kantor utama di Tengerang Selatan, travel umroh ini kini sudah membuka perwakilan di banyak wilayah di Indonesia, seperti Lampung, Padang, Riau, Bengkulu, Jakarta, Bandung, Makasar dan lainnya.

Sudah gak sabar mau daftar umroh kah? Bisa daftar melalui online atau datang langsung ke kantor pusatnya di :

Ahsanta Travel

Jl. Padjajaran Ruko Pamulang Plaza Blok C No. 3 Pamulang Tangerang Selatan
Telepon : 021 7430 657
Sms : 0851 00778272
Email : administrasi@ahsanta.com atau marketing@ahsanta.com
Website : www.ahsanta.com

Bagaimana? Sudah lebih mantap untuk menjalankan Rukun Islam ke 5 atau mau umroh saja dulu? Bareng yuk! Semoga informasi ini bermanfaat ya!

_________________________________________________________________________________

Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba blog Ahsanta Travel.

Umroh Aman dan Nyaman Bersama Ahsanta

Tidak ada komentar: