21 Juli 2016

TENCENT QQ

Sudah dua bulan ini aku merasa terganggu dengan satu aplikasi di komputer kantor. Entah dari mana tuh aplikasi, tau-tau sudah terinstal aja di komputerku. Aku ingat-ingat, aplikasi ini sepertinya terbawa pas aku instal VideoPad waktu itu. Nama aplikasi yang mengganggu itu adalah Tencent QQ.

Dari namanya aja, firasatku bilang ini aplikasi atau virus? Curiga aja karena beberapa hal :
Pertama, aplikasi ini terinstal begitu saja tanpa aku sadari. Baru nyadar karena di desktop muncul icon baru yang asli asing banget.

Kedua, aplikasi ini pakai tulisan Cina dan sama sekali gak ada tulisan alfabetnya. Jadi serasa kayak alien deh aku!

Ketiga, aku gak tau ini nih fungsinya untuk apa? Apakah antivirus? Messenger? Searching tools? Atau apa? Pertama hidupin komputer, muncul kotak pesan yang isinya kayak iklan film anak-anak ala jepang gitu (monster yang dibasmi oleh sang jagoan), kadang muncul gambar tempat wisata gitu, atau pernah muncul gambar perempuan cantik yang syur. Hadeeehhh.

Nah, dari semua kejanggalan itu, akhirnya aku coba untuk uninstal aja tuh aplikasi. Tapi ternyata... gak bisa, sodara-sodara! Sampai aku ulangi beberapa kali, masih tetap aja nempel tuh aplikasi. Ya sudahlah mungkin memang aplikasi ini lagi jatuh cinta sama komputerku, jadi mau diputusin tetep aja nggandulin :D :D

Selama dua bulan itu aku memang lumayan sibuk untuk cari tau lebih lanjut soal aplikasi ini. Tapi beberapa hari yang lalu, penasaranku sudah memuncak, dan aku ngerasa sebel aja ada iklan asing di komputerku yang sama sekali gak aku pahami. Akhirnya aku screen shot aja pas aplikasi ini lagi jalan dan aku telusuri lewat google. Eh ada!

Daaannn... setelah klik sana sini untuk cari tau gimana cara uninstallnya, akhirnya berhasil juga. Hyyyaaaaa serasa terlepas dari rantai alien :D :D :D

Ini tampilan di komputerku pas mau aku uninstall
Dari hasil telusur itu, aku tau memang aplikasi ini nih mengganggu banget dan susah untuk uninstall kalau gak ngerti caranya. Bagi teman-teman yang mungkin di komputernya ada aplikasi ini dan merasa terganggu, silahkan coba trik uninstall ini. Semoga berhasil yaaaa.

Ini link yang aku dapet dan berhasil aku coba untuk uninstall di komputerku. Katanya setiap komputer beda. Memang benar, di komputerku juga beda dengan yang di link ini, tapi nice try deh yaaa.
http://pcfixhelp.net/viruses/2607-how-to-remove-tencent-qq

Ini gambar dari link yang aku temuin

Tidak ada komentar: