Halaman

04 Juni 2018

Menghilangkan Bau Mulut Ketika Puasa

Sebagian kita mungkin tidak percaya diri ketika berbicara dengan orang lain pada saat berpuasa. Pasalnya, ketika puasa, mulut kita sering menimbulkan bau kurang sedap. Kenapa ya?

Sumber : Pixabay
Menurut beberapa sumber, bau mulut yang kurang sedap saat berpuasa disebabkan karena berkurangnya kadar air liur dalam mulut yang berfungsi untuk mencegah tumbuhnya bakteri dalam mulut. Akibatnya, bakteri cepat berkembang biak dan menyebabkan bau yang kurang sedap. 

Namun, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bau mulut ketika puasa, atau paling tidak dapat mengurangi baunya. 

1. Banyak mengkonsumsi air putih
Ketika berpuasa, tentu kekurangan cairan menjadi hal yang biasa. Tetapi hal ini bisa diatasi dengan banyak mengkonsumsi air putih ketika sahur dan berbuka. Usahakan minum air putih sebanyak 1,5 liter/hari. Tentu tidak secara langsung mengkonsumsinya ya. Bisa kita bagi saat berbuka puasa, menjelang tidur, dan pada saat sahur.

Sumber : Pixabay
2. Makan buah pir
Kandungan air dalam buah pir ini dapat menghambat pertumbuhan bakteri dalam mulut. Sehingga, mengkonsumsinya pada saat sahur akan mencegah dehidrasi saat puasa. Mulut juga terasa lebih segar. 

3. Hindari makanan yang beraroma menyengat
Meskipun terasa gurih, bawang bombay, bawang putih, bawang merah, dan keju dapat menyebabkan bau mulut kurang sedap. Untuk yang tidak bisa menghindarinya, cobalah menghisap lemon setelah mengkonsumsi bawang-bawangan dan keju tadi.

4. Bersihkan gigi dan lidah secara menyeluruh
Hal yang satu ini sudah tidak bisa dipungkiri lagi ya. Kalau gigi dan lidah bersih, bakteri tidak akan bersarang dan bau mulut tidak akan muncul. 

5. Berkumur dengan air garam
Air garam merupakan salah satu cara ampuh untuk membunuh bakteri penyebab bau mulut. Caranya, campurkan satu sendok teh garam ke dalam satu gelas air hangat. Kemudian air garam ini digunakan untuk berkumur.

6. Mengunyah jeruk atau lemon
Bau mulut yang disebabkan tumbuhnya bakteri akibat mulut kering dapat diatasi dengan mengunyah atau menghisap jeruk atau lemon pada saat sahur atau berbuka puasa. Kedua buah ini bisa meningkatkan produksi air liur sehingga mulut tidak kering saat berpuasa.

Sumber : Pixabay
Itulah sedikit tips untuk menghilangkan bau mulut. Pada intinya adalah menjaga kebersihan mulut dan gigi sehingga akan menekan tumbuhnya bakteri. Selamat mencoba!

Tidak ada komentar: