Halaman

12 Januari 2009

ATAS NAMA CINTA


Judul : Tragedi Nadra
Penulis : Isa Kamari
Penerbit : Hikmah (PT Mizan Publika)
Tebal : 305 halaman
Harga : Rp 44.400,-

Ini dia novel terjemahan yang oke punya! Kisahnya bnikin gregetan dengan setting tempat dan waktu yang agak-agak di jaman sejarah gitu. Secara, setting waktu novel ini tahun 1942-1950-an dan Indonesia masih bernama Hindia Belanda. Novel ini berkisah tentang seorang anak perempuan Belanda bernama asli Maria yang sejak usianya lima tahun telah diberikan kepada seorang wanita melayu bernama Aminah yang tak bisa memiliki anak sendiri. Saat itu, Adeline, ibu kandung Maria gak sanggup untuk mebiayainya mengingat masih empat orang anak lagi yang harus ditanggung kehidupannya, lagipula suaminya pun masih dipenjara olah tentara Jepang.

Maka, Maria tumbuh sebagai gadis lembut yang telah diizinkan diasuh secara Islam oleh Aminah, bahkan namanya telah diubah menjadi Nadra. Luka tercipta ketika ayah kandungnya telah bebas dari penjara dan ingin merebut Nadra kembali. Aminah, yang telah menganggap Nadra sebagai anak kandung sendiri dan sangat menyayanginya, tak ingin berpisah dengan Nadra bagaimanapun caranya.

Berbagai upaya untuk merebut Nadra dari tangan Aminah dilakukan terus-menerus hingga memicu banyak simpati dari berbagai pihak. Bahkan, setelah beberapa kali sidang di pengadilan, perebutan Nadra bukan hanya menjadi perebutan anak antara dua keluarga saja, tapi juga perebutan yang membawa nama budaya, agama dan harga diri sebuah negara.

Baca novel ini, kita dibuat selalu penasaran di akhir paragrafnya. Tapi memang, di beberapa bagian novel ini, bahasa yang dipake agak nge-jurnalis gitu. Jadi kayak model jurnalisme sastrawi gitu. Tapi ya, tetep aja oks banget untuk dibaca dan yang paling mengejutkan pembaca adalah di bagian akhir yang sama sekali gak terduga. Yakin deh, bakal gregetan abis setelah menutup halaman terakhirnya.

Tidak ada komentar: