Halaman

10 November 2012

Allah Pasti Punya Rahasia

Semalam, ada seorang teman yang curhat begini,

"Kok rasanya hidup ini sempit sekali ya. Aku sudah berusaha untuk cari kerjaan, tapi rasanya semua lamaran yang aku masukin ke perusahaan atau pabrik, atau instansi apa lah, semuanya gak ada kelanjutannya. selalu berhenti di psikotes atau wawancara. Apa aku punya dosa besar ya sampai sudah berapa tahun wisuda belum dapat kerja gini?"

Aku yang mendengarnya sebenarnya ingin tertawa dengan mimiknya yang agak memelas, tapi rasanya kok kurang empati sekali kalau diteruskan. Jadi dengan sok bijak dan sok menasehati, aku bilang saja begini,

"Ya, anggap saja dirimu masih dicarikan tempat dan penghasilan yang lebih baik lagi dari yang sudah pernah kamu lamar."

ooo

Sering aku mendengar curhatan yang seperti ini, dan rasanya aku sendiri pun pernah merasakan hal yang sama, hehe. Memang rasanya kita sudah berusaha sangat keras untuk melakukan yang terbaik semampu kita. Mulai dari lulus sekolah dengan nilai tinggi, ikut banyak organisasi dengan harapan bisa banyak pengalaman berinteraksi dengan orang lain, masukin lamaran pekerjaan di banyak tempat (bahkan yang gak punya nama sekalipun!), sampai menghubungi teman yang sudah bekerja di tempat-tempat tertentu dengan harapan agar dipermudah untuk bergabung di tempat itu pula.

Tapi, sering kita merasa terabaikan dengan doa-doa kita untuk dipermudah mendapat pekerjaan itu. Ada yang merasa doanya sia-sia, usahanya gak ada yang berhasil, dan segala macam keluhan. Dulu, aku memang pernah merasakan hal yang sama. Mengeluh dan terus mengeluh tentang keadaanku.

Tapi, aku berfikir ulang. Allah pasti punya rahasia besar yang akan diungkap-Nya suatu hari nanti. Ketika kita mengeluh karena belum ada pekerjaan atau belum ada perusahaan yang merespon surat lamaran kita, yakini saja bahwa Allah sedang mencarikan pekerjaan yang jauh lebih baik dari yang kita perkirakan. Atau mungkin saja Allah sedang menguji iman kita, apakah dengan kesulitan itu, kita masih akan setia pada-Nya. Atau mungkin pula, Allah masih sayang pada kita. Dia tidak ingin kita berpaling ketika kita sudah mendapat apa yang kita minta.

Jadi, rasanya gak ada lagi alasan kita untuk mengeluh soal kehidupan kita yang memang sudah diatur-Nya. Pasti Allah punya rahasia besar yang menakjubkan yang akan kita sadari setelah beberapa lama kita renungkan.

: untuk seorang teman yang semalam curhat, hehe...

Tidak ada komentar: