Halaman

28 Juli 2008

TAU GAK SIH...

Segar & Cantik Berkat Buah Dan Sayur
Berbagai produk perawatan kecantikan modern kini mudah diperoleh di pasaran. Meski demikian, bukan berarti perawatan ala tradisional tak dilirik lagi.Berikut beberapa macam buah dan sayur yang dapat dijadikan sebagai alternatif perawatan kecantikan.

MENTIMUN
Mentimun dipercaya dapat mengurangi noda hitam di samping penyejuk kulit yang terbakar sinar matahari maupun kulit yang bersisik. Mentimun kupas atau jus timun (bisa tanpa air atau tambahkan sedikit air) dapat dibalurkan pada kulit wajah ataupun kulit tubuh sebagai penyejuk. Sedangkan yang diiris tipis bisa ditaruh di kelopak mata yang tertutup untuk menghilangkan kantung mata akibat kurang tidur.
Cara lain, gunakan mentimun yang telah direndam dalam yogurt. Hasilnya? Selain menyejukkan kulit, juga bisa mengurangi penyumbatan lemak (de-clog) pada pori pori jika ditempelkan sejenak pada kulit wajah, terutama bagi Anda yang berpori besar.

Untuk kulit berjerawat, coba buat masker dari campuran 2,5 cm mentimun yang telah di jus, setetes minyak olive/rosemary essential oil, dan 1 putih telur yang sudah dikocok kaku. Tempelkan pada wajah selama 15 menit, hindari daerah mata dan mulut. Bersihkan dengan handuk wajah yang basah. Tapi jika Anda menderita backne (jerawat pada punggung), baurkan juga masker ke kulit punggung selama 15 menit, kemudian bersihkan punggung atau mandi.

PEPAYA
Belah dua pepaya, jangan buang bagian tengah berikut bijinya. Taruh segenggam daun mint di mangkuk, tuang air mendidih, sambil mendekatkan wajah dengan uap beraroma daun mint selama beberapa menit.

Dengan lembut gosokkan bagian biji dan kulit ari bagian tengah pepaya seperti Anda menggunakan scrubber. Biji dan kulit ari pepaya dapat mengurangi sel mati pada kulit wajah sekaligus menambahkan vitamin A dan C secara eksternal.

TOMAT
Kandungan asam di tomat dipercaya dapat mengurangi blackheads dan mencerahkan kulit yang tampak kusam dengan melonggarkan sel pada permukaan kulit. Caranya, iris tipis tomat berbentuk bulat. Jangan lupa sediakan irisan yang lebih tipis agar mudah menempelkan pada bagian wajah yang tidak rata semisal hidung. Sambil berbaring, tempelkan irisan tomat pada wajah, diamkan selama 10-15 menit. Setelah itu, bilas dengan air bersih. Jangan gunakan krim pelembap untuk sementara, terutama daerah hidung, untuk menghindari penyumbatan lemak.

MENGKUDU
Berbagai produk perawatan rambut modern kini mudah diperoleh di pasaran. Meski demikian, bukan berarti perawatan rambut ala tradisional tak dilirik lagi. Selain bahannya mudah didapat, khasiatnya pun tak kalah jitu asal dilakukan teratur. Malah, tak seperti produk buatan pabrik, efek negatifnya justru nyaris tak ada. Air teh basi atau buah mengkudu, misalnya, bisa jadi alternatif bahan perawatan rambut.

1. Teh
Teh basi sejak dulu dikenal dapat menjaga kesehatan rambut. Buat seduhan teh, baik dari teh tubruk atau pun teh celup (instan). Biarkan semalaman. Keramasi dulu rambut sampai bersih, lalu siram teh basi di kepala. Biarkan sesaat sebelum dibilas.Khasiat teh ini bermacam-macam , tergantung dari jenisnya.
• Jasmine tea (teh melati)Konon meningkatkan kilau rambut. Selain baik untuk rambut yang hitam alami, juga cocok untuk rambut beruban ataupun yang dicat.• Mint TeaKhasiat daun mint yang terdapat dalam teh ini dapat menghilangkan ketombe ataupun rasa gatal-gatal pada kulit kepala.

2. Mengkudu
Mengkudu yang selama ini dikonsum untuk kesehatan tubuh, ternyata juga berkhasiat untuk rambut. Selain mencegah kerontokan, mengkudu dapat menghaluskan dan melembutkan tekstur rambut. Pilih mengkudu yang matang, hancurkan atau blender secara kasar. Kemudian campurkan dengan kuning telur bebek, aduk rata sehingga menyerupai masker. Lumurkan ramuan ini pada rambut yang telah dikeramas. Biarkan selama 10 menit dan bilas sampai bersih.
Sumber : Nova

Tidak ada komentar: