08 April 2019

Kreasi Seserahan DIY

Di postingan sebelumnya saya lumayan berhasil buat kreasi mahar dari uang mainan kertas untuk adik saya. Nah, seperti janji saya kemarin, kali ini saya akan posting beberapa kreasi seserahannya. Sebenarnya saya juga belum pernah buat beginian, apalagi untuk dipromosikan dengan berbayar. Wih, masih takut jelek haha. Tapi, karena saya pengen coba juga, jadilah saya berguru pada banyak gambar yang menyebar di internet.

Seserahan yang dibawa adik saya gak terlalu banyak, standar saja dan yang sekiranya sudah pantas untuk dibawa. Bed cover beserta spreinya, handuk, peralatan solat, kain, dasar baju dan jilbab, serta peralatan make up standar. Berbekal foto-foto dari internet, saya mulai coba. Hasilnya?

Oke, saya memulainya dari...

1. Peralatan solat
Saya buat yang cukup standar dengan bentuk kipas untuk sajadah, dan bentuk bunga untuk set mukenanya. Ini lumayan mudah dan cepat karena hanya melipat seperti kipas gitu. Untuk bentuk bunganya, saya pakai bola mainan seukuran kepalan tangan bayi, lalu saya buat kelopak-kelopaknya menggunakan karton bekas undangan. Kemudian kelopak-kelopak itu saya satukan dengan bungkusan bola itu pakai karet gelang. Nah karena saya juga lihat renda mukenanya bagus, jadi saya aplikasikan juga untuk buat kelopak bunga yang lain. Hasilnya begini. It's not too bad lah ya untuk pemula seperti saya, hehe.


2. Handuk
Sebenarnya ada banyak bentuk yang bisa dibuat dari handuk ini, tapi saya menyesuaikan dengan warna dan lebarnya.. Tadinya saya mau buat bentuk boneka beruang karena melihat ada sedikit corak di satu sisi handuk, tapi karena handuknya cukup lebar, jadinya kurang bagus dan sepertinya agak susah dipacking. Jadi, saya cari bentuk lain dan ketemulah saya dengan si gajah seperti ini.



3. Kain
Untuk kain batik ini, saya pilih bentuk burung merak (ambil referensinya masih dari internet). Karena corak batiknya halus dan gak terlalu besar, jadi cukup bagus untuk dibuat bentuk merak ini. Buatnya juga mudah, ekornya dilipat membentuk kipas. Supaya berdiri tegak dan gak rubuh, saya kasih karton di dalamnya. Jadinya seperti ini. Gimana? Cantik kan?



4. Pakaian dalam
Untuk pakaian dalam ini, saya agak susah cari bahan referensinya. Saya ingin buat bentuk yang jadinya nanti gak terlalu tampak bentuk aslinya. Agak malu gitu, jadi harus disembunyiin penampakannya, hehe. Setelah lihat sana sini, dapatlah bentuk ikan yang kalau sudah dibungkus plastik dan ditambah pita sana sini, jadi gak terlalu kelihatan penampakan aslinya. Begini deh.



5. Dasar baju dan jilbab
Tadinya saya mau buat bentuk gaun dan sedikit bunga, tapi karena dasarnya lebar banget dan saya juga sudah agak capek mau kreasi ini itu, jadinya saya buat biasa aja. Gampangnya, saya tempatkan satu kotak agak besar di sisi nampan. Nah kotak itu saya bungkus dengan si dasar baju ini, saya lipat dan jarum sana sini. Dasar brukatnya untuk menutupi dasar polos yang saya lipat kurang rapih di bagian bawah. Untuk jilbabnya, saya buat bentuk bunga biasa saja.



Serius waktu saya ngerangkai ini, saya sudah kehabisan ide, haha. Lagipula saya juga harus mengerjakan yang lain yang waktu itu sudah mepet waktunya. Tapi, kalau dilihat lagi, gak jelek-jelek juga kok, hehe.

6. Bed cover
Nah ini bentuk terakhir yang saya buat setelah pritilan yang gak perlu dikreasikan macam-macam semisal toiletries, make up, dan tas sepatu. Karena ukuran bed cover cukup besar, jadi saya pakai kotak plastik yang agak besar. Modelnya, saya buat simpel banget yaitu bentuk kelopak bunga. Masing-masing ujung bed cover diikat karet bentuk kelopak, trus disatukan dengan ikatan yang ditengah. Jadi deh. Untuk sprei dan sarung bantalnya, saya selipkan saja di bawahnya. Hasilnya adalah bunga raksasa seperti ini.


Untuk pritilan seperti alat make up dan toiletris, serta seperangkat cangkir, saya susun saja dan kasih pita plastik. Sayangnya gak kefoto atau saya lupa waktu itu foto pake kamera yang mana, haha.

Oke, cukup dulu ya ceritanya. Kalau ada yang berminat untuk buat seserahan seperti ini, boleh hubungi saya. Harganya cincailah, hehe. Sampai jumpa di cerita selanjutnya! :-*

Baca juga : Flower Wreath Mahar Untuk Adik

4 komentar:

GITA mengatakan...

Pingin ngehias sendiri tapi sempet nggak ya :D

Laela Awalia mengatakan...

mb Gita, ayo mba coba dibuat sendiri. Gampang kok hehe. Kalau gak sempat, bisa pesan ke saya hehe

Shintaries Nijerinda mengatakan...

Ini mah bukan pemula lagi wekekek baguss bagusss hasilnya dan layak banget jadi seserahan :D

Laela Awalia mengatakan...

Mb Shintaries... hehe baru pertama kali nyoba ini, alhamdulillah berhasil juga haha. Terimakasih ya sudah berkunjung kesini :)