17 Mei 2019

BPN Day 12 : Tutorial Hijab Segala Acara Ala Saya

Assalamualaikum, Ladies! Gimana kabar menjelang weekend? Sudah banyak agenda kah? Rapih-rapih rumah pumpung libur, atau buka puasa bareng, atau ada yang mau pergi arisan, atau jalan-jalan santai sambil ngabuburit? Apapun kegiatannya, semoga akhir pekan kita menyenangkan dan bermanfaat ya!

Oh iya, pernah gak sih kalau mau jalan-jalan santai atau ke tempat arisan suka bingung mau pakai hijab model apa? Hehe, walaupun sekarang bertebaran model hijab instan yang praktis dipakai, tapi saya pribadi masih lebih suka pakai hijab asli yang bisa dimodel macam-macam. Biasanya saya sesuaikan juga dengan acaranya. Kalau lagi santai, kadang pakai hijab instan atau hijab biasa tanpa banyak asesoris. Kalau kerja, pakainya lebih ke model formal. Tapi kalau ke pesta, biasanya saya suka modelin hijab ala-ala saya dengan tambahan asesoris seperti bros.


Kali ini, saya coba bagi beberapa model hijab yang saya sering pakai. Mulai dari hijab yang bisa dipakai santai, sampai hijab untuk ke pesta.

1. Hijab santai
Selain hijab instan, saya biasanya pakai hijab segiempat atau pasmina yang sederhana. Cara pakainya juga gampang banget. Untuk hijab segiempat, cukup dilipat membentuk segitiga (kalau saya biasa gak sampai ujung, jadi ada sedikit sisa bahan di sisi kanan dan kirinya). Lalu tinggal bentuk ke wajah dan sematkan jarum pentul atau peniti di bagian bawah dagu. Untuk bagian depan kan ada 2 sisi ya. Saya biasa tarik satu sisi ke sisi lainnya. Misalnya sisi kiri saya tarik ke bahu kanan dan sematkan jarum pentul. Lalu sisi kanan pun saya tarik ke bahu kiri dan sematkan bros. Jadi deh.

Saya pakai inner yang besar
2. Hijab kerja
Sebagai perempuan yang bekerja dan punya seragam, saya pun bisa sedikit memodifikasi model hijab yang saya pakai. Asal warnanya sama kan gapapa ya, hehe. Ada 3 macam model hijab yang biasa saya pakai ke tempat kerja. Ketiganya sama-sama saya suka dan gak terlalu ribet juga kok pakainya.

Model pertama, hampir sama dengan model hijab santai. Hijab segiempat saya lipat berbentuk segitiga dan pakai seperti biasa. Lalu sisi sebelah kiri saya tarik dahulu ke bahu kanan dan sematkan dengan jarum pentul. Untuk sisi kanan, saya tarik melewati bahu dan melingkar hingga di atas kepala lalu sematkan jarum pentul atau bros. Jadinya seperti ini.
Model ini cocoknya untuk bahan hijab yang gak terlalu tebal
Model kedua, saya masih pakai hijab segiempat tapi tidak saya bentuk segitiga. Pakai hijab segiempat dengan salah satu sisinya jauh lebih pendek dari sisi lainnya. Sematkan jarum pentul atau peniti di bawah dagu. Lalu dengan sedikit mengambil bagian dari sisi panjang tadi, tarik melewati bahu hingga melingkar di atas kepala dekat telinga. Sematkan dengan peniti atau bros. Rapikan bagian depan dan samping-sampingnya. Biasanya saya sematkan jarum pentul lagi di bagian bahu supaya hijab tetap rapi saat banyak kegiatan dilakukan.

Biasanya saya sematkan jarum pentul di bahu kanan itu
Ini penampakan utuhnya
Model ketiga, saya pakai pashmina. Pakai pashmina ini lebih praktis menurut saya dan langsung rapi juga jadinya. Caranya, pakai pashmina dengans alah satu sisi jauh lebih pendek dari sisi lainnya dan sematkan dengan jarum pentul atau peniti. Kemudian sisi yang panjang tarik melewati bahu dan melingkar ke kepala. Sematkan jarum atau bros di atas telinga. Rapihkan dan siap.
Penampakannya hampir sama dengan model yang kedua
3. Hijab pesta
Kalau sedang santai, saya suka modifikasi hijab untuk pergi ke acara pesta pernikahan atau hajatan lain. Agak ribet tapi tetap bisa dipraktekkan dengan hasil yang berbeda dari hijab santai maupun hijab untuk ke tempat kerja. Untuk model hijab pesta ini lebih cocok menggunakan bahan hijab dengan bahan jatuh dan tidak terlalu tebal.

Caranya, pakai inner hijab yang lebih besar (bukan ciput biasa) atau bisa juga pakai hijab tipis seperti biasa. Lalu ambil ciput berenda dan pakai berlapis di atas hijab atau inner tadi. Lapisan ketiga adalah hijab luar segiempat yang dibentuk segitiga, lalu pakai di kepala. Bawa satu sisi ke arah belakang telinga, tutup dengan sisi sebelahnya lagi dan sematkan jarum pentul. Sisi yang panjang tadi, buat draperi dengan menyematkan jarum pentul lagi di kepala agak ke belakang. Selesai.

Penampakan samping
Nah itulah beberapa tutorial hijab ala saya. Semoga menginspirasi ya. See you!

Baca juga : Kreasi Seserahan DIY

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah memberi komentar :)