Halaman

16 Mei 2019

BPN Day 11 : Tips Meminimalkan Waktu Memasak Ketupat

Heuheu... sudah masuk di 10 hari kedua bulan Ramadhan. Sebentar lagi masuk tanggal 15 Ramadhan yang mana biasanya ada tradisi untuk berbagi nasi berkatan atau kadangkala ada juga yang berbagi ketupat lengkap dengan lauk dan sayurnya.

Salah satu hal yang biasanya jadi kendala adalah menyiapkan ketupatnya. Agar lebih praktis, biasanya kita bisa membeli di pasar. Lumayan memakan waktu kalau harus mencari janur kuningnya dulu dan menganyamnya jadi kulit ketupat. Cukup merepotkan juga kan? Nah, kalau kulit ketupat sudah didapat, baru memasaknya. Satu hal lain yang banyak memakan waktu adalah memasak ketupat.


Memasak ketupat secara tradisional memang punya keseruan tersendiri. Apalagi kalau menjelang lebaran dimana waktu itulah hampir semua anggota keluarga sudah berkumpul. Memang lama sih, karena harus memasaknya hingga sekitar 8 jam! Di samping itu, air dalam dandang besar juga harus selalu ditengok agar tidak sampai kering. Juga, harus jaga api kalau masaknya diluar rumah dan pakai kayu bakar (biar sekalian seru-seruan juga, pengalaman di keluarga suami saya begitu, hehe). Kalau masak pakai kompor gas, cukup menguras gas juga.

Untungnya sekarang sudah ada panci ajaib bernama presto. Ini panci andalan keluarga ibu saya untuk masak masakan apapun dengan cepat dan praktis. Termasuk ya masak ketupat ini. Dibanding dengan masak ketupat secara tradisional, masak dengan presto jauh lebih hemat waktu. Pasalnya, hanya butuh waktu sekitar 1-1,5 jam saja!

Beneran deh, sudah beberapa kali lebaran dan ibu saya selalu masak ketupat dengan presto dengan cepat. Mau tahu caranya? Saya bagi ya!

1. Buat isian ketupat seperti biasa.
2. Masukkan ketupat ke dalam panci presto, disesuaikan saja dengan ukuran pancinya. Jangan terlalu penuh.
3. Masukkan air hingga semua ketupat terendam. Tutup panci presto dengan tepat.
4. Masak hingga sekitar 1 jam atau setelah panci mendesis, biarkan lagi hingga 45 menit lagi.
5. Matikan kompor, tunggu hingga desisan panci presto hilang, baru bisa dibuka.
6. Yeaayy ketupat sudah matang dengan sempurna. Tinggal ditiriskan dan digantung supaya lebih awet.

Bagaimana? Mau coba panci presto untuk masak ketupat? Hayuklah, bisa menghemat gas dan waktu. Jadi bisa melanjutkan pekerjaan lainnya. Selamat mencoba ya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah memberi komentar :)