18 Mei 2020

Kamu Tim Kuker Bikin Sendiri atau Pesan Aja?

BPN Challenge Day#29

Hai!
Tinggal berapa hari lagi nih lebaran? Kamu sudah siap-siap kue belum? Walaupun masih dirudung wabah, lebaran tetap harus dirayakan dong ya. Kapan lagi coba kita bersenang-senang selain di hari lebaran?

kue kering lebaran
Kue kering lebaran
Biasanya lebaran belum lengkap tanpa jajaran kue kering dalam toples di meja. Memang mainstream banget sih ya, dimana-mana ketemunya kue kering. Malah sering ada jenis yang sama di tiap rumah. Sebut saja yang paling mainstream, nastar, putri salju, dan ring keju. Selain itu, pasti akan dijumpai juga jenis kue kering lainnya semacam kue kacang, kastengel, babon, dan lain-lain.

Walaupun sebenarnya kue kering itu lakunya sudah lewat beberapa hari lebaran (ada yang sama gak? Hehe), tapi rasanya hampa lebaran tanpa kue kering.

Beli vs Bikin Sendiri

Dulu waktu saya masih kecil, saya inget banget kehebohan soal bebutan kue kering ini. Kamu tahu kan kehidupan di kampung itu pasti beda dengan kehidupan di kota? Khususnya soal bantu membantu. Nah, waktu saya dan adik-adik masih kecil, ibu saya nekat mau bikin kue kering sendiri. Mungkin ibu pikir saya sudah agak besar, jadi bisa lah bantu-bantu sedikit.

Padahal lebaran-lebaran sebelumnya, ibu selalu minta tolong mbah putri untuk buat kue kering ini. Saya bisa bayangkan sih sekarang bagaimana repotnya ibu waktu saya dan adik-adik masih kecil. Selisih umur kami itu hanya 1-3 tahun. Makanya gak heran kalau ibu hanya terima beres dari mbah putri.

Setelah dirasa saya sudah cukup bisa membantu (waktu itu saya masih kelas 3 atau 4 SD kalau tak salah), ibu nekat pengen coba-coba bikin sendiri di rumah. Dan, saat itulah ada beberapa tetangga yang siap membantu. Namanya tradisi pasti tidak akan berubah sebelum ada tradisi lain menggantikannya.


Jadi waktu itu, sekali bikin adonan bisa sampai 3 kg mentega dalam sehari. Bisa kebayang kan banyaknya? Gelaran cetak mencetak kue juga bisa sampai penuh seruang makan, hehe. Karena banyak tangan yang bantu, hasilnya juga banyak yang beda. Tapi disitulah serunya.

Seiring dengan berjalannya waktu, tradisi bantu membantu ini pelan-pelan hilang juga. Mungkin orang-orang sudah lebih sibuk dengan keperluan masing-masing. Atau mungkin juga karena tak ingin membuat terlalu banyak, jadi tidak terlalu membutuhkan banyak tangan.

Keluarga saya pun begitu. Karena saya dan adik-adik sudah beranjak dewasa, jadi kami mulai membuat sendiri kue-kue kering saat lebaran tanpa bantuan tetangga atau mbah putri lagi. Seperti biasa, ada pembagian tugas yang rasanya sudah diatur sendiri tanpa dikomandoi. Saya yang buat adonan, adik keempat mencetak, adik ketiga kebagian jaga oven karena dia yang telaten dan rela panas-panasan depan kompor, hehe.

Dari tahun ke tahun seperti itu kebiasan di keluarga saya. Sampai waktunya saya dan adik saya menikah kemudian pisah rumah. Bikin kue kering sendiri di rumah tetap jalan meskipun tidak banyak. Puncaknya, saat adik saya kuliah di Bogor. Bubar deh semua anak peremuan ibu dari rumah, hehe.

Nah, saat itu saya coba untuk pesan saja kue kering dari teman. Kebetulan ada teman sesama penulis yang produksi kue kering lebaran. Praktis memang. Tanpa lelah buat adonan, mencetak, dan memanggang, hehe. Kuenya juga enak.


Selain praktis itu, pesan kue kering memang lebih pasti hasilnya. Dari segi penampilan, pasti yang jual akan memilihkan tampilan kue paling bagus kan? Lebih seragam dan konsisten bentuknya dibanding dengan buat kue sendiri yang kalau sudah capek, bentuknya mendadak berubah hehe.
Waktu kita juga akan lebih banyak untuk melakukan kegiatan lain. Mungkin bisa lebih banyak untuk beberes rumah, atau lebih banyak ibadah lagi.

Tapi bagi kami, lebaran tanpa bikin kue kering sendiri itu seperti ada yang kurang dari lebaran kami. Seolah ada sesuatu yang ditinggalkan. Lebay ya, hehe. Tapi begitulah. Jadi kami memutuskan untuk kembali bikin kue kering lebaran lagi.

Tak terkecuali tahun ini.
Walaupun kedua adik saya gak bisa mudik karena adanya pandemi, saya nekat bikin kue di rumah ibu. Alhamdulillah sudah ada adik ipar yang bantu. Di keluarga suami juga kemarin bikin kue kering sendiri. Saat saya bebikinan kue kering ini, ingatan saya dengan sendirinya kembali saat saya dan adik-adik perempuan masih berkumpul di rumah.

Bikin kue kering sambil bercanda, kadang malah sambil ngantuk. Banyak kenangan dengan kue kering bikinan sendiri ini.

Nah, kalau kamu tim mana nih? Kue kering bikin sendiri atau kue kering pesan saja?

Tidak ada komentar: