06 Mei 2020

Butuh Ide Masak? Tengok 3 Channel Youtube Ini

BPN Challenge Day#17

“Masak apa ya untuk buka puasa nanti?”
“Belum ada gambaran.”

Ternyata begini ya kalau di rumah saja saat puasa? Masih pagi tapi sudah mikir makan apa enaknya untuk buka puasa nanti? Hehe. Kayak saya di grup obrolan keluarga. Kami kakak beradik yang tinggalnya berjauhan dan sepertinya tahun ini benar-benar tidak bisa berkumpul untuk merasakan Ramadhan dan Idul Fitri bersama di rumah ibu. Jadi, hampir setiap hari bahasnya seputar menu buka puasa, atau saling memamerkan makanan hasil uprek di dapur.

resep buka puasa

Kadang memang suka bingung sih mau masak apa. Tapi untungnya, hari gini banyak banget akun, channel, aplikasi, atau bahkan acara khusus masak-memasak. Apalagi saat Ramadhan, iklan pun berisi resep dan cara buat menu yang sederhana dan mudah dibuat.

Channel Youtube Masak Favorit

Nah, saya juga punya beberapa akun dan channel favorit untuk meniru masakan-masakannya. Tentunya yang kira-kira mudah dan bahan-bahannya ada di rumah.

Abu Tosca

Ini channel yang baru-baru ini saya subscribe. Dikenalin sama adik gegara dia lihat masak indomi pakai kuah susu. Saya yang penasaran langsung tonton dan berhasil klak klik video lainnya. Karena sepertinya bagus dan masakannya gampang dibuat, akhirnya saya ikutin deh.

abu tosca
Channel Abu Tosca
Abu Tosca punya gaya tersendiri untuk menyampaikan video masaknya. Meskipun sama sekali tidak bicara, bahkan orang yang masak pun gak pernah kelihatan, tapi langkah-langkah masaknya mudah diikuti. Tata letak dapurnya juga rapi dan bersih.

Kalau saya perhatikan beberapa videonya, Abu Tosca ini akan memposting setidaknya dua video yang sama tetapi dengan cara berbeda. Satu video dengan suara musik pengiring selama memasak, dan satu video lagi tanpa musik sehingga lebih mengedepankan suara asli. Semacam ASMR gitu.

Salah satu masakan yang pernah saya buat dari videonya adalah sambal tempe lado mudo. Ini beneran sederhana dan mudah dibuat. Bahannya hanya tempe, teri, dan sedikit daun kemangi yang dimasak dengan cabe dan tomat hijau. Bayanginnya aja saya ngiler lagi nih, haha.

Baca juga : Resep Soto Betawi

Eddy Siswanto

Kalau channel yang ini, si empunya menyebut dirinya sebagai chef terabal-abal sedunia, hehe. Tapi setiap masakan yang dipostingnya selalu membuat saya menelan ludah dan jadi pengen buat juga. Apalagi bahan dan caranya juga hampir selalu sederhana dan mudah dibuat.

eddy siswanto
Channel Edy Siswanto
Sang koki ini seorang lelaki yang pembawaannya santai dan hangat. Ia selalu menyapa penonton dengan ‘Halo, Sahabatku,’ di awal video dan selalu berinteraksi selama masak, juga tetap menyapa dengan ‘sahabatku’ sehingga penontonnya merasa dekat.

Beberapa masakannya adalah masakan rumahan yang terinspirasi dari ibu atau neneknya di kampung halamannya. Salah satunya adalah Cah Timun Telur. Saya belum pernah masak timun selain di acar kuning campur wortel yang biasanya dijadikan pendamping gurame goreng. Setelah lihat resep di channel ini, saya jadi bisa variasikan timun untuk pendamping makan nasi.

Yummy Indonesia

Nah, kalau ini sebenarnya saya gak hanya mengikuti lewat youtube saja, tetapi juga instagramnya. Ciri khas video yang saya suka dari channel ini adalah durasinya yang singkat. Hampir semua videonya hanya berdurasi sekitar 1 menit saja!

yummy indonesia
Channel Yummy Indonesia
Makanya, yakin gak akan ngabisin kuota walaupun nonton banyak juga, haha. Karena durasinya yang singkat itu, mungkin resep-resep yang dibagikan adalah resep masakan yang praktis dan gak banyak langkah untuk membuatnya.

Salah satunya adalah resep singkong keju. Bahannya hanya singkong, susu kental manis, dan parutan keju saja. Sebenarnya saya juga sudah sering buat singkong semacam itu, tapi tanpa keju dan susu kental manis. Tapi ternyata ada langkah yang terlewati yang bisa jadi membuat rasa singkongnya sedikit berbeda.


Selain ketiga channel itu, sebenarnya masih banyak channel masak lain yang sering saya lihat. Semua channel tentunya punya ciri khas masing-masing. Baik dari segi tata dapur, cara menyampaikan, penyajian makanan, maupun dari pengambilan gambarnya. Tapi yang jelas adalah channel-channel itu berhasil membuat banyak orang terinspirasi untuk berkreasi lagi di dapur.

Kalau kamu punya channel masak lain, bagi di kolom komentar ya. Nanti coba aku kunjungi deh!

Tidak ada komentar: