07 Mei 2020

3 Ide Kegiatan Ramadhan

BPN Challenge Day#18

Alhamdulillah ya kita sudah masuk ke pertengahan Ramadhan. Semoga Allah terus memberi kesempatan untuk sampai di penghujungnya.

IDE KEGIATAN RAMADHAN

Apa kabar nih semuanya? Masih pada puasa atau ada yang sudah bolong? Hehe. Anak-anak gimana puasanya? Masih pada lancar juga kan ya? Walaupun mungkin si kecil agak merengek-rengek gimana gitu menjelang siang, disabarin aja ya. Itu juga ujian, hehe.

Ide Kegiatan Ramadhan

Puasa tahun ini memang berbeda ya dari tahun-tahun sebelumnya. Kalau tahun lalu, kita biasa tarawih berjamaah di masjid, anak-anak ramai, tadarus juga terdengar di sana sini, tahun ini bisa dibilang sepi. Tarawih di rumah, anak-anak juga harus menerima kenyataan untuk gak bebas lagi berlarian di masjid, hehe.


Tapi, kita bisa kok buat kegiatan sendiri di rumah untuk mengisi Ramadhan kali ini. Libatkan semua anggota keluarga yang ada. Mudah-mudahan bisa menghilangkan kebosanan ketika di rumah aja.

Tarawih berjamaah

Walaupun gak boleh tarawih di masjid, kita masih bisa kok tarawih sendiri di rumah. Sekalian lah, merasakan suami kita jadi imam tarawih, hehe. Saya juga begitu kok. Bagi yang sudah punya anak, anak laki-laki bisa dilibatkan untuk menjadi bilal dan membaca doa kamilan selama tarawih. Dengan itu, anak jadi terlatih juga kan? Bagi yang masih berdua seperti saya, ya lebih khusyuk aja solatnya.

posisi solat jamaah
Posisi solat berjamaah di rumah
Untuk menyemangati anak-anak solat tarawih di rumah, kita bisa lho buat makanan kesukaannya yang akan dihidangkan selepas solat tarawih. Misalnya kolak pisang, atau roti bakar. Seringnya makanan itu malah lebih enak dimakan selepas solah tarawih.

Tadarus bersama

Kalau biasanya anak-anak tadarus di masjid bersama teman-temannya, tahun ini saatnya bersama keluarganya. Jangan sampai kehilangan momen berharga seperti ini. Kita bisa buat target dengan anak-anak, misalnya 1 kali khatam atau lebih.

tadarus bersama

Bacanya bergantian dengan ayah, ibu, dan kakak adik, kalau ada. Dengan begitu, bacaan kita juga bisa disimak dan dikoreksi kalau ada kesalahan. Bisa juga diselipkan cerita tentang asbabun nuzul beserta artinya. Jadi, sambil menyelam minum air. Dapat bacaannya, juga dapat mengerti artinya.

Kalau masih berdua suami, ya bisa juga kok. Alternatif lain juga boleh, yaitu dengan berlomba-lomba untuk mengkhatamkan Alquran. Fastabiqul Khoirot, berlomba-lomba dalam kebaikan. Bisa sekali, dua kali, atau tiga kali khatam. Ramadhan di rumah aja kan waktunya akan lebih banyak. Ya kan?

Oh iya, sedikit tips untuk bisa mengkhatamkan Alquran dalam sebulan. Baca Alquran minimal 2 lembar (4 halaman) setelah waktu solat wajib. Insyaallah akan khatam dalam sebulan ini. Kalau mau menambahkan jumlah khatamnya, tambahkan per 2 lembar setiap solatnya. Bonusnya bisa diselipkan saat selesai solat sunnah, seperti solat Dhuha, solat Tahajud, ataupun menjelang berbuka dan setelah imsak menjelang solat subuh.


Menyiapkan takjil

Kegiatan yang satu ini juga bisa dilakukan bersama anak-anak. Hitung-hitung untuk mengisi waktu kosongnya selama berpuasa di rumah saja. Untuk menyemangatinya, kita bisa mengajaknya buat makanan kesukaan atau makanan yang ingin ia makan untuk berbuka puasa nanti.

Masak bersama juga bisa dijadikan selipan pelajaran agar anak-anak menghargai jerih payah orang-orang di balik hidangan yang tersaji. Dalam sepiring pisang goreng saja, anak-anak bisa dilatih bagaimana harus menyiapkan adonan tepungnya, mengupas pisang dan memotongnya, hingga menjaga gorengannya agar tidak gosong dan matang merata.

Kalau sudah tahu prosesnya, insyaallah anak-anak akan lebih menghargai makanan apapun yang tersaji di meja makan. Akan dapat bonusnya juga kalau besok-besok ia akan siap membantu tanpa diminta, hehe.


Nah, itu dia beberapa ide kegiatan yang bisa dilakukan selama Ramadhan di rumah saja. Pasti masih banyak lagi ide lain yang ada di kepala, ya kan? Pada intinya, lakukan kegiatan itu dengan senang hati, jadi orang-orang di sekeliling kita juga akan merasa senang.

Punya ide lain mungkin? Tulis di kolom komentar gih!

Tidak ada komentar: