02 Mei 2020

3 Akun Instagram Penuh Inspirasi

BPN Challenge Day#13

“Kamu kok sekarang bisa masak macem-macem sih? Belajarnya dimana?”
Suatu kali, ibu saya pernah tanya begitu melihat saya menyajikan masakan yang agak tidak biasa dibanding dengan masakan sehari-hari.

“Dari internet.” Jawab saya sambil nyengir.

Mungkin ibu saya teringat anak perempuan sulungnya ini dulu paling anti sama dapur. Jangankan buat masakan yang berbeda, untuk masak sehari-hari aja gak bisa diharapkan, hehe. Mending kabur ke dalam rumah, beberes, bersih-bersih, atau sekalian jadi bibi cuci setrika. Dijamin beres dalam sekejap.

Tapi, sekarang malah sering coba buat makanan baru atau setidaknya masakan yang katanya agak ribet buatnya. Masygul lah saya sedikit, haha.

Ya, secara, hari gini belajar apapun juga bisa didapat dengan mudah. Teknologi memang banyak berperan untuk membantu kita mengetahui apa yang belum kita ketahui. Setidaknya untuk membuat orang yang belum tahu, jadi tidak terlalu asing. Membuat orang yang belum bisa, jadi gak bego-bego amat. Saya ini contohnya.

Akun Instagram Favorit

Terlepas dari buku-buku teori dan referensi dari tempat lain, saya punya akun yang saya ikuti untuk menambah pengetahuan saya selama ini.

Kompakerslampung

Sebelum kenal dengan instagram, saya dulu punya tempat untuk belajar fotografi sendiri. Flickr. Rekomendasi dari seorang teman sepuluh tahun yang lalu, yang melihat saya tertarik dengan fotografi. Saya juga masih punya akun disana, tapi sudah gak terlalu aktif karena lebih sering ke instagram aja.


Beralih ke instagram, saya kini punya akun favorit tempat belajar fotorgrafi. Kompakerslampung. Ini anaknya akun Uploadkompakan. Isinya penuh dengan hasil jepretan dari orang-orang yang suka jeprat jepret kayak saya. Di Kompakerslampung, saya belajar banyak teknik fotografi, seperti teknik pencahayaan, komposisi, sampai memoles foto biar jadi makin menawan.

Walaupun hasil jepretan saya masih biasa-biasa aja, tapi saya tetap semangat dan terus belajar. Apalagi, Kompakerslampung ini juga punya obrolan grup yang menambah erat silaturahmi. Belajar fotografinya jadi lebih enak dan nyaman karena makin akrab sesama anggotanya. Juga, setiap dua minggu sekali akan diadakan challenge berhadiah. Belajarnya makin semangat deh.

Zaidulakbar

Akun ini isinya campur-campur. Mulai dari kajian, kata-kata motivasi dan nasehat, informasi kesehatan, sampai resep sehat yang mudah dibuat di rumah. Dari akun ini saya banyak belajar tentang makanan yang lebih sehat sesuai sunnah Nabi.


Satu hal yang paling populer dari akun ini adalah resep minuman dan minumannya. Hampir semua menu tidak ada nasi putih, tidak ada daging, dan tidak ada msg. Jadi isinya ya sayur, buah, dan protein nabati. Kalaupun ada protein hewani, itu dari ikan dan telur.


Minumannya, hampir semua adalah infuse water beraneka macam. Mulai dari buah-buahan, sayuran, hingga rempah-rempah. Nah, inilah yang menginspirasi saya membuat minuman yang lebih sehat dan menyegarkan. Alhamdulillah suami juga suka, dan pas saya bawa ke rumah orang tua, mereka juga suka.

GNFI

Nah, kalau yang satu ini, akun favorit untuk menambah pengetahuan umum saya soal Indonesia. Sesuai dengan namanya, Good News From Indonesia, akun ini berisi berita-berita menyegarkan yang membanggakan Indonesia atau sekadar informasi yang jujur saya baru tahu ya dari akun ini.


Misalnya tentang tradisi ‘Beas Perelek’ dalam budaya adat Sunda. Ini adalah tradisi mengumpulkan sedikit beras (biasanya hanya segenggam) dari para warga melalui petugas yang berkeliling. Nantinya jika sudah terkumpul dengan cukup, akan dibagikan kepada warga yang membutuhkan.

Misalnya lagi, ada informasi tentang perangkingan universitas terbaik se-Asia Tenggara. Ada Universitas Indonesia dalam top 10 di dalamnya. Dan informasi membanggakan lainnya yang membuat saya belajar bagaimana saya bisa lebih mencintai negeri saya sendiri, Indonesia.


Nah, kalau kamu gimana? Apa aja nih akun favorit untuk menambah wawasan kamu selama ini? Siapa tahu, saya juga bisa dapat inspirasi dari akun favoritmu. Tulis di kolom komentar ya!



2 komentar:

Roem Widianto mengatakan...

Kalau aku akun Instagram sih isinya kebanyakan akun temen-temen doang, Mbak. Instagram hanya untuk menikmati hasil pamer yang disebarkan teman. Makanya jarang banget aku buka instagram. Hehehe.😂

Laela Awalia mengatakan...

Hehe iya mba? Pamer-pameran gitu kadang malah seru lho mba.