28 September 2019

5 Tips Agar Ruang Tamu Minimalis Tidak Membosankan

Halo semua!
Apa kabar hari ini? Akhir pekan begini biasanya sudah ada deretan agenda yang menanti. Mungkin ada yang pergi kondangan, jalan-jalan ke taman kota, nonton bioskop, atau hanya di rumah saja. Biasanya sih akhir pekan pekerjaan rumah malah menumpuk ya, hehe. Inginnya beberes ini dan itu. Kadang juga malah ingin ganti suasana dapur, kamar tidur, dan ruang tamu.

Bicara soal ruang tamu, yang sekarang sedang trend adalah desain minimalis. Bagaimana tidak, desain minimalis memang punya beberapa kelebihan. Karena desainnya simpel dan tidak terlalu membutuhkan banyak ornamen, desain ruang minimalis jadi terlihat lebih ringkas dan rapi. Selain itu, karena pemilihan warnanya sering menggunakan warna-warna monokrom dan netral, ruangan jadi terlihat tidak sumpek. Di beberapa rumah tipe 36, biasanya ruang tamu minimalis ini digabung dengan ruang keluarga atau ruang makan. Ini bisa jadi menghemat tempat dan partisi sehingga ruangan terasa lebih lega.

Satu lagi, ruang tamu dengan desain minimalis juga anti mati gaya. Ini lebih karena banyak sekali dekorasi yang bisa dipadu-padankan dengan konsep minimalis itu sendiri. Baik itu hanya dari warna cat dinding, dekorasi simpel di salah satu sisi, atau pemilihan sofa dengan bantal kursinya. Gaya minimalis ini cocok untuk orang yang menyukai hidup anti ribet tapi juga ingin terlihat artistik.

Namun, dari beberapa kelebihan itu, desain minimalis juga bisa terlihat membosankan dan pasaran. Apalagi sekarang banyak sekali pengembang perumahan yang menggunakan konsep seperti ini, termasuk di perumahan yang saya tempati ini. Jadi ya, mau gak mau harus pintar-pintar cari ide biar ruang tamu yang mungil nan minimalis ini tidak begitu membosankan. Berhubung ruang tamu saya juga masih kosong blong, yuk sama-sama cari idenya dan bisa dicoba nih beberapa tips yang sudah saya rangkum dari hasil keluyuran saya di dunia maya. Ssstt! Saya juga sedang dalam proses mencobanya.

1. Pemilihan warna cat dinding
Meski kebanyakan warna yang dipakai di ruang tamu minimalis itu warna-warna monokrom, kita bisa juga lho aplikasikan warna lain yang bisa memberikan kesegeran untuk mata kita. Jujur saja, saya memang lebih suka warna yang soft dan cenderung kalem, seperti warna-warna pastel. Selain karena warnanya lebih adem menurut saya, warna pastel juga tidak akan membuat ruang tamu saya yang kecil jadi makin sempit. Ini serius, karena biasanya warna gelap dan terang yang solid seperti orange, tosca, atau coklat bisa membuat ruangan jadi lebih sempit meski terlihat lebih hidup.

2. Bermain dengan bentuk
Ada satu konsep yang saya idamkan untuk beberapa ruang dalam rumah saya nanti, termasuk ruang tamu. Setelah berselancar sana sini, saya menemukan satu konsep mudah yang bisa diaplikasikan, yaitu Graphical Pop by Informa. Konsep ini mengusung kombinasi warna cat dinding dengan dekorasi yang berpola garis, kotak, dan lingkaran. Cukup mudah untuk mengaplikasikan konsep ini ke dalam ruangan, yaitu dengan cara memadukan warna pastel pada dinding dengan pelengkap seperti sofa atau rak-rak berwarna monokrom seperti hitam atau putih.

inspirasi rumah informa
Sumber : Informa
3. Dekorasi
Simpel dan praktis. Itu dekorasi yang saya inginkan untuk ruang tamu saya. Lagi-lagi karena ruang tamu saya kecil, saya tidak ingin membuatnya lebih sesak lagi dengan banyak dekorasi atau lemari hias yang besar. Kalau di rumah ibu saya yang notabene rumah jaman dulu (baca : cukup besar karena anaknya rame) punya lemari buku yang besar dan tinggi dari bahan kayu dan berukir adalah hal yang wajar dan biasa-biasa saja, tapi untuk saya cukup rak minimalis tanpa ukir-ukiran. Untuk bahan raknya sendiri, bisa dipilih sesuai dengan keinginan kita, apakah dari kayu atau besi.


inspirasi rumah
Sumber : Informa
Memang keduanya punya kelebihan dan kekurangan, tapi kalau saya lebih mengedepankan kegunaan, estetika, dan yang pastinya sreg di hati dan kantong belanja. Nah untuk kombinasi warnanya, kita bisa pilih warna netral seperti hitam atau krem kayu.

4. Jangan terlalu banyak motif
Untuk mempercantik dinding biar gak terlalu polos, biasanya kita akan menambahkan hiasan bermotif. Tapi, satu hal yang perlu diingat adalah jangan terlalu banyak menggunakan motif untuk hiasan. Alih-alih ingin menjadikan ruang tamu minimalis, jadinya malah nanti seperti lenong yang ramai dandanannya.

Salah satu hiasan yang bisa diaplikasikan adalah bingkai minimalis dengan pola kotak-kotak, lingkaran, atau garis-garis tapi tetap mengedepankan warna hitam dan putih. Lagi-lagi saya temukan konsepnya di Informa, seperti ini contohnya. Perpaduan antara warna pastel di dinding, dekorasi printing, dan warna monokrom.
inspirasi ruang tamu
Sumber : informa
5. Sering-sering tata ulang
Tips terakhir ini sering saya pakai dari dulu waktu masih tinggal di rumah orang tua. Baik itu untuk kamar tidur, ruang makan, ataupun ruang tamu. Memang benar, agar tidak membosankan, ruangan bisa kita atur ulang dengan berbagai cara. Cara paling mudah adalah memanfaatkan barang-barang lama yang diperbarui kembali. Bisa juga dengan mengganti hiasan dinding atau bertukar motif dari ruangan yang satu ke ruangan yang lain.

Nah, kebetulan banget nih yang lagi cari-cari perlengkapan ruang tamu dengan harga miring, Informa sedang ada diskon spesial. Kenapa saya rekomendasikan Informa?

1. Mudah
store informa

Bagi saya yang tinggal di Lampung, terkadang untuk mencari barang berkwalitas dan terkenal mutunya harus menunggu karena tokonya tidak ada di Lampung. Tapi Informa, telah tersebar di seluruh Indonesia. Bahkan tidak hanya 1 toko saja disini, ada beberapa cabang yang kesemuanya mudah diakses. Kalau tidak punya banyak waktu atau sedang malas keluar rumah, belanja di Informa juga bisa lewat online lho.

Bahkan tidak jarang pembelian melalui online ini, Informa memberikan hadiah tambahan gratis! Ada 2 cara untuk mendapatkan produk dari Informa ini. Menunggu barang sampai lewat kurir, atau ambil sendiri di gerai-gerai Informa setelah kita memesannya lewat online. Untuk yang tinggal di Jabodetabek malah lebih hemat lagi dengan adanya gratis ongkos kirim.

2. Lengkap
inspirasi rumah informa

Tidak hanya terbatas untuk ruang tamu saja, Informa juga menyediakan perlengkapan lain sesuai kebutuhan kita. Baik itu untuk kamar tidur, dapur, ruang keluarga, bahkan untuk perkantoran. Mulai dari asesoris rumah yang kecil-kecil sampai perlengkapan kantor yang berukuran besar.

3. Reward untuk member
member informa

Belanja di Informa akan lebih untung jika menjadi membernya. Setidaknya ada empat keuntungan menjadi member Informa. Pertama, dapat harga spesial yang pastinya akan lebih murah dibanding harga untuk konsumen biasa. Selisih harganya pun seringnya gak tanggung-tanggung, bisa sampai 4 jutaan untuk produk-produk tertentu. Asik banget gak tuh? Kedua, bisa dapat point hanya dengan beralih menggunakan member digital. Gak perlu khawatir lagi kalau kartu tertingal karena bisa langsung menggunakan mobile app-nya. Ketiga, kesempatan untuk mendapatkan banyak point dan stars (100 stars setara dengan 1 poin) semakin mudah hanya dengan membuka aplikasi Informa di mobile app. Juga ketika beralih dari struk fisik ke e-receipt. Terakhir, member bisa berkesempatan untuk dapat gratis ongkir dan bayar dengan menggunakan poin yang terkumpul.

Oke, itu dia beberapa tips yang bisa dicoba agar ruang tamu minimalis tidak membosankan. Tengok inspirasi rumah lainnya disini juga. Semoga artikel ini bisa menginspirasi ya!

Baca juga : Arvahub Virtual Office, Solusi Bagi Pebisnis Pemula

Tidak ada komentar: