Halaman

14 Mei 2019

BPN Day 9 : 5 Bahan Alami Ini Bisa Putihkan Gigi Anda

Menjelang hari ke 10 Ramadhan, apa kabar puasa Anda? Masih tetap semangat ya! Mungkin ada sebagian Anda yang sudah punya banyak agenda buka puasa bersama keluarga, teman, atau saudara. Memang momen Ramadhan ini punya kesan tersendiri yang bisa mengumpulkan teman lama dengan dalih buka puasa bersama. Teman lama yang dalam setahun jarang ketemu pun, secara ajaib bisa diajak ngobrol dan makan malam bersama. Suatu keberkahan bukan?

Nah sering merasa minder gak sih kalau pas ketemu teman atau saudara, gigi kita tidak bersih dan tidak terlihat putih? Saya juga begitu soalnya, hehe. Kali ini saya akan bagikan beberapa tips untuk memutihkan kembali gigi yang kekuningan dengan bahan alami yang tentunya minim dan bahkan tanpa efek samping.

Sebenarnya gigi tidak putih lagi itu yang menyebabkan ya kita juga. Mulai dari rutinnya minum kopi atau teh yang mengandung kafein, kebiasaan merokok, atau malasnya menyikat gigi hingga sisa-sisa makanan masih menempel dan lama-kelamaan membusuk di gigi.


Untuk mengembalikan warna alami gigi, ada beberapa bahan alami yang mudah didapat di sekitar kita. Apa saja itu? Yuk simak!

1. Siwak
Siwak merupakan dahan atau akar pohon Salvadora Persica yang sudah dikenal lama dapat membersihkan gusi dan gigi. Rasulullah pun sejak dulu sudah menyunahkan untuk bersiwak sesering mungkin. Rupanya siwak ini tidak hanya berfungsi sebagai pembersih gusi dan gigi saja, tapi juga bisa memutihkan gigi.

2. Lemon dan baking soda
Kandungan pH yang tinggi pada buah lemon dapat membantu membunuh bakteri yang ada pada gigi sehingga dapat menjaga kebersihan gigi. Untuk memutihkan gigi, Anda dapat menggunakan perasan lemon yang dicampur dengan baking soda. Kemudian campuran ini bisa Anda gunakan seperti pasta gigi untuk menyikat gigi Anda.

3. Kulit pisang
Siapa yang suka makan pisang? Nah, setelah makan pisang sebaiknya jangan terburu-buru untuk membuang kulitnya, karena kulit pisang ini bisa Anda manfaatkan untuk memutihkan gigi. Caranya cukup gosokkan kulit pisang bagian dalam ke permukaan gigi Anda.

4. Garam
Bumbu dapur yang satu ini juga bisa Anda gunakan untuk memutihkan gigi. Bahkan garam juga sudah dikenal sejak lama dapat membunuh bakteri penyebab gigi berlubang. Caranya cukup sederhana, yaitu dengan berkumur setiap hari dengan air garam.

5. Daun sirih
Dulu, sewaktu kecil saya suka memperhatikan nenek saya mengunyah sirih hingga mulutnya berwarna merah. Rupanya, daun sirih ini dapat menguatkan gigi, menghentikan perdarahan pada gusi, bersifat antibakteri, dan tentu saja dapat memutihkan gigi. Cukup dengan mengunyah daun sirih hingga lumat atau bisa juga dihaluskan terlebih dahulu untuk kemudian Anda oleskan ke permukaan gigi.

Itulah beberapa tips untuk mengembalikan warna putih gigi Anda. Semoga bermanfaat ya!

Baca juga : Bye Bye Geraham Bungsu

4 komentar:

Farah Salsabila mengatakan...

Gak kepikiran kulit pisang dan garam bisa juga, mau coba ah nanti hehe

Laela Awalia mengatakan...

iya mba Farah, silakan dicoba ya :)

Tanjung Fahmiati mengatakan...

Wah kulit pisang bisa dicoba nih nanti hihi, btw strawberry juga bisa loh

Laela Awalia mengatakan...

oh iya ya mba Tanjung? Tapi kayaknya kalo strawberry belum utk mutihin gigi mah sudah habis dimakan hehe