15 Mei 2019

BPN Day 10 : Hati-Hati, 5 Hal Ini Menyebabkan Mulut Anda Berbau Naga

Pernah mengalami hal yang membuat tidak percaya diri ketika akan menghadapi orang lain atau bahkan beberapa orang? Saya pernah, yaitu saat harus tetap bekerja dan menghadapi orang lain saat berpuasa. Pasalnya tidak bisa dipungkiri bahwa ketika berpuasa, mulut kita akan berbau tidak sedap. Memang kaum muslimin percaya bahwa bau mulut orang yang berpuasa itu lebih harum di sisi Allah sebagaimana hadits Nabi Muhammad SAW,

"Sungguh, bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada bau minyak kasturi." HR. Muslim.

Salah satu cara mengatasi bau mulut saat puasa ya sikat gigi menjelang imsak dan setelah berbuka puasa.

Tetapi, kalau setelah sikat gigi, mulut tetap berbau tak sedap, apakah bau mulut tadi hanya karena faktor berpuasa? Rupanya ada beberapa hal yang menyebabkan bau mulut di samping sedang berpuasa.


1. Adanya masalah gigi dan gusi
Gusi bengkak atau masalah gigi berlubang tentu saja bisa menyebabkan bau mulut. Bakteri yang bersarang di gigi berlubang lah yg menjadi penyebab membusuknya sisa makanan yang tertinggal di sela gigi berlubang tersebut.

2. Adanya gangguan dalam mulut yang disebut xerostomia
Xerostomia yaitu terganggunya produksi air liur yang disebabkan oleh bakteri sehingga rongga mulut menjadi kering dan menyebabkan bau tak sedap.

3. Penyakit saluran pencernaan
Adanya penyakit maag dan saluran pencernaan lainnya yang disebabkan oleh bakteri juga dapat menyebabkan bau mulut tak sedap. Penyakit asam lambung misalnya, menyebabkan kurang berfungsinya otot bawah esofagus yang mengakibatkan asam lambung keluar dari lambung dan kembali hingga ke rongga mulut. Asam dari lambung inilah yang menyebabkan bau tak sedap.

4.Sinusitis
Mungkin sebagian orang tidak begitu faham bahwa sinusitis pun bisa menyebabkan bau mulut. Sinusitis akan menghasilkan lendir berbau yang mengalir ke tenggorokan. Pada umumnya, penderita sinusitis tidak peka terhadap bau, makanya sering tidak menyadari bahwa aroma mulut mereka tidak sedap.

5. Makan makanan beraroma menyengat
Kalau yang satu ini, mungkin sifatnya hanya sementara waktu. Makan bawang putih, bawang merah, dan bawang bombay mentah bisa menyebabkan bau mulut tak sedap. Bahkan terlalu banyak makan produk susu dan keju juga bisa memicu aroma tak sedap ketika berbicara.

Nah, itulah 5 hal yang bisa menyebabkan aroma mulut tak sedap. Meskipun sedang berpuasa dan seringkali mulut berbau tak sedap, tapi bisa kita minimalkan dengan beberapa cara, bukan? Semoga artikel ini bermanfaat ya!

Baca juga : Menghilangkan Bau Mulut Ketika Puasa

2 komentar:

Nuniek KR mengatakan...

Ngebayangin sinusitis jadi geli sendiri, hihi
lendirnya masuk ke kerongkongan tanpa disadari...
tapi iya sih, katanya memang bau banget ya

Laela Awalia mengatakan...

hehe iya mba Nuniek KR.. terimakasih sudah berkunjung kesini :)