Halaman

28 Oktober 2014

Ke Bogor Lagi #1

Oke, kita ke Bogor lagi :D

Memang pas pertama kali ke Bogor itu belum puas jalan-jalannya, dan bilang pada diri sendiri, besok kesini lagi (kalau mau tulisan pertama, disini). Eh akhirnya kesampaian juga :D Alhamdulillah. Kali ini bukan sama ibu dan adek, tapi sama tante yang dari Palembang. Hanya berdua dari Lampung, modal nekat dan berani (asli gak pernah nyebrang pulau bareng orang yang sama-sama gak tau jalan, hehe). Pilihan tetap pada ngeteng alias naik angkutan putus-putus, alasannya memang hemat ongkos walaupun agak lebih cape. It’s ok.

Berdasarkan pengalaman yang dulu tentang kemacetan di Bogor, maka kali ini kami memilih rute perjalanan yang ringkas dan gak repot bolak-balik. Jadi, dari terminal Baranang Siang, kami gak langsung menuju penginapan di IPB, tapi langsung jalan ke KRB. Pilihan ini memang punya konsekwensi lain, yaitu jalan-jalan sambil bawa tas ransel dan tentengan. Tapi kami berhasil sampai KRB pagi, jadi punya waktu lebih banyak untuk keliling KRB (pada kunjungan pertama, hanya beberapa spot yang berhasil dikunjungi).

Nah, beberapa spot yang kami kunjungi kemarin adalah :

1.      Taman Meksiko
Taman ini berada di sisi kanan pintu gerbang utama. Uwoww.. panasnya! Tampaknya memang taman ini sengaja didesain sedemikian rupa sehingga sangat mirip dengan daerah Meksiko yang panas dan tandus. Isinya berupa koleksi tanaman kaktus. Ada yang unik disini, patung-patung musisi Meksiko dari tumbuhan!
Disini, asli puaanaas terik, padahal baru jam 10 pagi

Musisi unik :D
2.       Taman Sudjana Kassan
Taman ini terletak di ujung arah utara KRB (hah! Gak terasa kami sudah jalan jauh sekali dari pintu gerbang utama). Kami melewati beberpa jalan yang di kanan kirinya pohon-pohon besar dan akarnya super besar. Banyak pohon itu ditanam dari tahun 1800-an. Pantas, tinggi badanku saja Cuma setinggi akarnya lho! Awalnya kami gak tau kalau taman ini ada bunga yang disusun membentuk burung garuda. Sayang sekali kami baru lihat keterangannya setelah melangkah pergi. Mau balik lagi ambil fotonya, pegel euy!
Bunga merah di belakang patung itu adalah lambang burung garuda
Nah deket taman ini, ada pohon sosis. Buahnya mirip seperti buah asem berukuran raksasa. Asli gedhe banget! Warnanya coklat susu. Kukira beneran asem raksasa, ternyata pohon sosis. Kata pemandu wisata, buah ini bisa dimakan (tapi oleh gajah dan jerapah). Gubraks!
Mirip buah asem kan?
3.       Taman Anggrek
Nah ini dia taman yang dari kunjungan pertama kucari-cari, tapi baru berhasil ketemu pada kunjungan kedua. Disini, anggreknya asli bagus banget! Ada peringatan tidak boleh menyentuh bunganya, mungkin khawatir akan rusak atau dipetik sembarangan kali ya.
Ini hanya beberapa anggrek dari banyak anggrek disini. Anggrek yang merah itu seperti beludru.
 4.       Toko Souvenir
Toko ini terletak di sebelah kiri pintu gerbang utama. Isinya jelas suvenir yang bisa dibeli oleh para pengunjung. Mulai dari bibit anggrek seharga Rp 40.000,-/botol sampai buku-buku tanaman seharga Rp 200.000,-an. Pengen beli sih tuh bibit tanaman anggrek, tapi takut gak bisa nanemnya, ntar malah mati hehe.
Miniatur mobil antik
5.       Museum Zoologi
Sesuai dengan namanya, tempat ini penuh dengan koleksi hewan yang telah diawetkan, alias bukan hewan hidup seperti kebun binatang. Penataannya persis seperti tempat hidup hewan itu sendiri. Kupu-kupu yang seolah terbang dan hinggap di bunga, harimau yang mengaum di tengah hutan, dan gorila yang bergelantungan. Ketika melihat hewan-hewan itu, rasanya kok kasihan ya, mereka diawetkan gitu. Atau itu bukan hewan asli alias replika saja yang dibuat semirip mungkin.
 
Ternyata kupu-kupu juga ada yang siang dan malam hehe

Nah, itu beberapa spot yang kami kunjungi, selain jaln-jalan yang kami gak perhatikan namanya saking takjub sama pohon-pohon di sekitarnya.

Setelah cape keliling KRB, kami menuju ke Taman Kencana. Sebanarnya ini taman gak terlalu bagus (menurutku), sama lah penampakannya sama taman-taman kota di tempat lain. Tempat nongkorong yang di sekelilingnya banyak kios penjual makanan. Disini, ada beberapa tempat makan yang terkenal enaknya, tapi harganya juga kelas menengah ke atas, hehe. Salah satu yang kami kunjungi adalah Pia Aplle Pie yang berdiri di jalan Padjadjaran.
Haiiyyaa.. mukanya sudah kucel
Sayangnya, kami gak sempat foto tempat ataupun makanannya, hari sudah terlalu sore, dan kami belum memesan kamar di wisma IPB! hwaaa.
Baiklah, hari pertama di Bogor kali ini cukup melelahkan. Kita lanjutkan hari ke dua besok ya...

Tidak ada komentar: