17 Agustus 2013

Lebaran (telat poting, hehe)

Assalamualaikum...
Met lebaran semua :D sudah seminggu lebih dari tanggal 1 Syawal tapi belum sempat posting cerita lebaran kemarin. Entah ya, tahun ini rasanya kurang greget gitu dengan lebarannya. Mungkin karena bisa dibilang aku gak libur, pasalnya aku baru libur sehari sebelum lebaran dan seterusnya masuk kerja lagi. Masih alhamdulillah ketemu shift sore jadi pagi masih bisa ketemu sodara yang mampir ke rumah.

Cerita lebaran dimulai dari hari-hari sebelum lebaran, hehe. Biasa, buat kue kering selalu jadi ritual yang ditunggu-tunggu. Ada beberapa hal sih yang buat kami serumah sepakat untuk gak beli kue kering jadi. Pertama, masalah harga, pastinya kue kering yang enak harganya melambung tinggi. Kalau Cuma beli sekilo-dua kilo kayaknya gak cukup deh. Tau sendiri, rakyat banyak, hehe. Kedua, kayaknya gak seru banget kalau gak sibuk-sibuk buat kue (hehe, padahal mah rempongnya..).

Jadilah kami nyicil membuat kue kering ala kadarnya, benar-benar ala kadarnya karena keterbatasan SDM :D biar sedikit yang penting ada. Lihat nih beberapa hasilnya, cantik kan? =D

Dua hari sebelum lebaran, kami disibukkan oleh pengecatan rumah. Dari kemarin-kemarin sih niatnya gak mau ngecat, tapi lihat dinding penuh dengan coretan gak jelas ala anak-anak yang suka mainan pensil dan pena di dinding, alhasil Abah dan De Kiki lemburan deh sampai malam. Itupun ngecat seadanya aja, yang penting coretan di dinding bisa tertutup. Walaupun seadanya gitu, masih tetep aja bikin rumah kayak ditimpa pesawat. Berantakan luar biasa! Hadeh...

Sehari sebelum lebaran, aku yang sudah libur sibuk banget untuk nyiapin segala macam. Mulai dari beresan rumah bekas dicat, bantu masak sayur, dll. Eh, ditambah lagi adik laki-lakiku yang bungsu harus dikhitan karena ada sedikit masalah kalau dia mau pipis. Alhasil, tambah sibuk lagi deh nganter dede ke dokter. Lihat aja nih si dede abis dikhitan, kasian gak bisa lari-lari untuk ikut takbiran.

Malam lebaran ada lagi ritual yang entah kenapa biasa banget di rumahku. Tidur sampai larut! Bukan karena nonton tv lihat berita arus mudik, tapi karena pekerjaan banyak yang belum selesai, hiks! Tak apa, tangan bekerja, tapi lisan dan hati mengumandangkan takbir, beriringan dengan pawai takbir yang tiap tahun rutin diadakan di kampungku.

Tahun ini rasanya jauh lebih meriah daripada tahun-tahun sebelumnya. Pawai keliling kampung ramai oleh anak-anak dan orang tua yang bawa lampu stik warna-warni, plus miniatur masjid dari sterofom yang cantik banget! Sumpah, terharu deh liat pawai kelilingnya. Ini aku ambil gambarnya pas arakan itu lewat depan rumah. Susah banget, karena mereka bergerak terus sedangkan kameraku hanya kamera digital biasa yang operasinya manual semua, hehe.

Idul Fitri yang dinanti tiba juga. Pagi-pagi seisi rumah sudah sibuk mau ke masjid, sayang aku lagi kedatangan tamu bulanan jadi gak bisa ikut sholat. Alhasil, jadi penunggu rumah yang ketiban pekerjaan lebih, yaitu membereskan apa-apa yang belum selesai, kayak nyiapin gelaran karpet di ruang tengah yang lebar (biasanya ruangan ini rame banget sama ibu-ibu plus anak-anaknya, makanya sengaja gak dipasang kursi biar muat banyak, hehe). Trus, lanjut nyiapin ketupat beserta anak buahnya di meja makan, biar kalau mereka pulang bisa langsung sarapan dan cepat sungkem ke rumah mbah di sebelah sebelum para tetangga datang ke rumah.

Ooo

Ini suasana hari pertama di rumah. Pose wajib yang diambil di ruang tamu. Masih seperti tahun kemarin, ada pengurangan satu orang adikku, belum datang dari Belitang. Lalu pose-pose lain setelah para sepupu datang. Rame ya? =D

Idul fitri tahun ini bersamaan dengan hari lahir Abah yang ke 51 tahun. Gak sempet buat apa-apa, jadi Cuma buat brownis kukus yang dihias (lagi-lagi) alakadarnya. Buatnya aja sudah malam karena aku pulang kerja sore hari, ditambah beberesan dll. Hiasannya sederhana banget dengan warna krem plus coklat, sudah ngantuk mau buat model macam-macam.

Besok malamnya, kebetulan sodara-sodara pada mampir dan nginep, meramaikan malam hari lahir Abah. Seru, senang karena kumpul keluarga yang sangat jarang dilakukan. Tapi sayang, gak sempat ngadain sesi foto ramean karena para ponakan balita sudah rewel, antara ngantuk dan rebutan mainan.

Yah, pokoknya suasana lebaran memang bikin bahagia lahir batin deh. Semoga masih bisa ketemu Ramadhan dan Syawal tahun berikutnya, ya. Aamiin.

Tidak ada komentar: