07 Mei 2010

ROTI MARYAM


Sepulangnya dari Jakarta, ibu membawakanku oleh-oleh yang menurutku unik. Roti maryam. Pertama kali aku melihatnya, aku jadi teringat film India jaman dulu. Abisnya, bentuk roti itu memang mirip roti dalam film itu.
Bentuknya bulat pipih, lebar, tebalnya sedang, rasanya tawar dengan sedikit gurih karena pengaruh mentega.
Karena rasanya yang netral ini, roti ini cocok dimakan bersama madu, sari kurma, atau susu. Bisa juga dimakan bersama dengan kuah manis atau gurih seperti kuah kolak atau kuah gulai. Makan satu lempeng saja, perut sudah kenyang!
Tadinya aku pikir, roti maryam hanyalah satu merk tertentu, malah kata temanku mungkin itu akibat pengaruh film AAC, hehe. Ternyata aku salah. Roti maryam adalah sebuah istilah untuk sebuah roti (kok jadi muter-muter ya? Hehe) seperti roti buaya atau roti perancis. Mungkin di Lampung memang agak susah dapetinnya, tapi kalau berminat buat sendiri, kayaknya gampang kok, aku baca di situs ini. Mau coba?

Tidak ada komentar: